Apa itu KUR? Pengertian dan Macam Kredit Usaha Rakyat yang ada di Indonesia

0
39

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan salah satu tipe pinjaman uang yang ditujukan kepada usaha rakyat seperti usaha mikro kecil sampai koperasi. Pinjaman ini sangat berguna untuk usaha kecil. Sayangnya, penyaluran KUR yang telah terealisasi sampai November 2017 baru mencapai 85,6% seperti dilansir dari kumparan.com.

Siapa sajakah yang bisa memakai Kredit Usaha Rakyat ini? Tentunya para pengusaha pemula maupun yang sudah berjalan. Anda tidak perlu khawatir karena KUR ini dijamin oleh pemerintah, dan pengeluaran Anda pun akan diawasi dengan baik dengan pinjaman dana usaha ini.

Baca Juga: Dapatkan Dana Cepat Tanpa Syarat dengan Kredit Tanpa Agunan

Pengertian Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu cara pemerintah dalam mendukung dan meningkatkan sumber pendanaan usaha rakyat dengan memberikan pinjaman atau kredit kepada Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) menurut cermati.com. Dengan KUR, semua modal usaha apapun yang tentunya profitable akan lebih mudah tentunya cepat mendapatkan untung.

Pinjaman uang untuk usaha ini terbagi menjadi dua macam, yaitu secara langsung dan tidak langsung. Seperti dilansir dari cemati.com, untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat secara langsung itu berarti pendanaannya disalurkan melalui Kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu (KCB) bank yang Anda tuju. Sedangkan penyaluran KUR secara tidak langsung itu berarti pendanaannya disalurkan melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSP/USP atau melalui program kerjasama lainnya pada bank yang Anda tuju.

Sebagai salah satu program pemerintah, KUR telah menjadi tempat peminjaman terpercaya para pengusaha. Walapupun penyalurannya masih sedikit, tapi di November 2017 akan disalurkan dengan KUR sebesar Rp 91,3 triliun menuru bisnis.liputan6.com. Nah, masih juga ragu memakai pinjaman modal ini?

Manfaat KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Anda punya masalah dengan modal usaha? Nah, inilah salah satu manfaat dari Kredit Usaha Rakyat ini. Berikut beberapa manfaat Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pengusaha.

Tidak Perlu Khawatir dengan Modal

Modal memang hal utama yang diperlukan sebelum Anda membuka bisnis atau usaha Anda. Nah, dengan KUR ini, modal Anda akan menjadi hal mudah karena Anda bisa mengajukan modal yang Anda inginkan kepada bank yang Anda inginkan. Ajukanlah modal Anda sesuai profit yang Anda dapatkan agar seimbang dengan kreditnya.

Bunga Ringan

Sama seperti kredit lainnya, jika Anda menggunakan Kredit Usaha Rakyat ini pastinya Anda mendapatkan bunga yang lebih ringan dari pada kredit biasa. Untuk sekarang ini, rata-rata bunga yang Anda dapatkan untuk KUR Mikro sebesar 22% sedangkan untuk KUR Retail sebesar 14% per tahunnya menurut bi.go.id.

Menanggulangi Masalah Kemiskinan

Kemiskinan memang menjadi masalah besar di negara kita yang masih berkembang ini. Untuk itu, fasilitas peminjaman Kredit Usaha Rakyat ini adalah salah satu tujuan dan juga manfaat terbesar untuk masyarakat. Dengan ini, Anda bisa membuka kerjasama baru dan tentunya lapangan pekerjaan baru agar usaha Anda makin maju dan sejahtera.

Cara Mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Nah, sudah mengetahui manfaat KUR ini bukan? Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Seperti yang tertera diatas, KUR sendiri terbagi dua sesuai caranya yaitu langsung dan tidak langsung. Keduanya sama-sama melewati lembaga keuangan tertentu yang sudah diawasi oleh pemerintah terutaama Bank Indonesia sendiri. Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan KUR.

  • Pastikan usaha Anda adalah usaha yang produktif atau usaha yang memiliki profit.
  • Siapkan dokumen atau berkas penting sesuai dengan persyaratan bank yang Anda tuju. Biasanya persyaratannyang diminta adalah KTP, KK, Keterangan Domisili, Akte Pendirian Usaha, SIUP, TDP, laporan keuangan, proposal usaha, dan lainnya menurut cermati.com.
  • Datangi Kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu (KCB) Bank yang Anda inginkan.
  • Ikuti prosedur bank tersebut dan baca ketentuannya secara jelas untuk memastikan bahwa tidak ada ketidakadilan dalam peminjaman uang Anda.
  • Setelah selesai, pihak bank Anda akan melakukan survei untuk memastikan usaha Anda sebagai tanda bahwa Anda mempunyai usaha yang sesuai Anda ajukan.

Macam KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Telah banyak tipe peminjaman yang telah dikeluarkan pemerintah untuk memajukan usaha rakyat ini. KUR sendiri juga salah satu program utamanya. Dengan kerjasama dengan berbagai bank terkemuka, pemerintah telah membuka sarana KUR di beberapa bank konvensional yang tidak asing di telinga kita seperti Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, dan Bank Mandiri

KUR BRI (Bank Rakyat Indonesia)

Sebagai dukungan untuk para pengusaha Indonesia, BRI menyediakan beberapa tipe KUR atau Kredit Usaha Rakyat yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI. KUR BRI dapat menyediakan peminjaman sampai 500 juta rupiah dengan suku bunga 0,41% per bulannya.

KUR BNI (Bank Negara Indonesia)

Bank Negara Indonesia juga menawarkan KUR tersendiri yang dibagi menjadi 4 (empat) macam yaitu KUR  Mikro, KUR Ritel, KUR TKI, dan KUR Linkage. Dengan proses yang cepat dan mudah, BNI menawarkan bunga ringan sebesar 9% per tahunnya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan dokumen, BNI dapat juga menawarkan pembiayaan khusus untuk usaha Anda yang feasible namun belum memiliki agungan sesuai persyaratan bank.

Baca Juga: Manfaat dan Syarat Kredit Tanpa Agunan Online Bank BNI Fleksi

KUR Mandiri

Tidak kalah dengan yang bank lainnya, Mandiri juga tawarkan KUR yang terbagi menjadi dua bagian sesuai penggunaannya yaitu Cash Loan atau peminjaman uang tunai dan Non-Cash Loan atau peminjaman uang non-tunai.

Peminjaman dengan uang sendiri atau Cash Loan terdiri dari Investment Loan (peminjaman investasi), Working Capital Loan (peminjaman modal kerja), Cash Collateral (Peminjaman dengan Uang Valuta Asing), Multipurpose Business Loan dan “Multiguna Koperasi Mandiri” Loan, serta Franchise Loan (peminjaman waralaba).Untuk Non-Cash Loan, Bank Mandiri juga membahinya menjadi 4 (empat) tipe yaitu Import Product & Trust Receipt, Domestic Letter of Credit, Bank Guarantee, dan Standby LC.

Bagaimana? Mudah bukan cara mendapatkannya? Dengan bermacam penawaran KUR ini, Anda tidak perlu khawatir lagi membuka cabang baru atau membayar mesin untuk produk Anda. Gunakan KUR atau Kredit Usaha Rakyat sebagai penguat usaha Anda sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here