Bagaimana Cara Mengubah KTA Menjadi Pinjaman Tanpa Angsuran?

0
25

Pinjaman tanpa angsuran merupakan sebuah strategi khusus dalam mengelola sejumlah dana pinjaman KTA sehingga menjadi lebih produktif dan menghasilkan untung. Salah satu caranya yaitu dengan mengelola dana pinjaman menjadi sebuah utang produktif.

Dana pinjaman bisa dikatakan utang produktif apabila dalam perjalanan pengembangan usaha, Anda berhasil mencetak penghasilan yang setara atau melebihi biaya pinjaman. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda telah mengubah KTA menjadi pinjaman tanpa angsuran.

Baca Juga : Cara Mengajukan KTA Online Terbaru

Utang Produktif, Solusi Pinjaman Tanpa Angsuran

Mengajukan pinjaman modal usaha ke sejumlah lembaga keuangan sudah menjadi hal lumrah bagi sebagian pengusaha. Dari mulai sekala usaha UKM hingga usaha kelas kakap, banyak yang menggunakan dana pinjaman atau utang untuk membiayai operasional usaha yang sedang dijalankan.

Selama Anda teliti dan cermat, menggunakan sejumlah dana pinjaman bisa menjadi strategi tepat untuk mengembangkan usaha. Anda bisa menghasilkan keuntungan yang setara bahkan melebihi biaya pinjaman.

Dengan begitu biaya angsuran yang harus Anda bayar setiap bulan tertutup oleh keuntungan yang diperoleh dari modal pinjaman tersebut. Seakan Anda berutang tanpa pinjaman bukan?

Bahkan setelah lunas pun, bisnis Anda akan tetap berjalan dan menghasilkan keuntungan yang belipat. Oleh karena itulah modal pinjaman ini disebut utang produktif.

Namun mengelola modal usaha tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi tepat dan perhitungan cermat sehingga modal pinjaman yang digunakan bisa mendukung perkembangan usaha dan mendatangkan profit yang menguntungkan.

Hal yang Harus Dipikirkan sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Menggunakan pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan harus diiringi dengan pertimbangan yang matang. Anda perlu perhitungan yang cermat, sehingga pinjaman modal usaha yang digunakan tidak menjadi boomerang di kemudian hari. Perhatikan beberapa hal berikut ini:

Pastikan Kematangan Rencana Usaha

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kematangan rencana usaha Anda. Buatlah perencana usaha yang jelas dan terperinci.

Produk apa yang akan Anda jual, bagaimana pengelolaan modal, berapa biaya operasional, target market, berapa margin yang akan didapat, bagaimana potensi pasar, kompetisi pasar, dan lain sebagainya. Buatlah analisis sederhana tentang prospek bisnis yang akan dijalankan.

Ingat, rencanakan semua-nya diawal, agar Anda tidak menyesal dikemudian hari. Jangan sampai terpikir untuk mengajukan pinjaman modal usaha tanpa memiliki perencanaan matang. Jika rencana usaha belum matang, bagaimana bisa mendatangkan profit?

Buatlah Daftar Risiko

Langkah selanjutnya, Anda bisa membuat daftar risiko yang kemungkinan akan muncul saat menjalankan usaha. Dan cari solusi terbaik untuk menghadapi resiko tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, yang dapat berimbas pada pembayaran cicilan utang.

Salah satu risiko yang sering dihadapi pengusaha adalah persaingan yang ketat. Ada banyak usaha yang bergerak di bidang yang sama dengan bisnis milik Anda. Coba pikirkan strategi yang tepat sehingga usaha yang dijalankan bisa tetap bersaing di pasaran.

Cek Kondisi Keuangan Usaha

Sebelum mengajukan pinjaman modal usaha, pastikan usaha yang dijalankan memiliki cash flow yang sehat. Relatif stabil dari sisi arus kas dan mampu mencetak laba yang stabil.

Baca Juga : Butuh Pinjaman Cepat? Ajukan Pinjaman Online

Namun, bila ternyata kondisi keuangan usaha Anda belum stabil,sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Pasalnya, memakai utang sebagai modal di tengah kondisi bisnis yang masih belum stabil akan menjadi langkah spekulatif yang berbahaya.

Itu dia beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum ajukan pinjaman modal usaha ke lembaga keuangan. Bukan hal yang tidak mungkin bagi Anda untuk mengubah pinjaman modal usaha KTA menjadi pinjaman tanpa angusuran.

Hal ini bisa Anda wujudkan apabila pinjaman diubah menjadi lebih produktif dan menghasilkan untung. Bijak dalam mengelola utang dan keuangan Anda, maka kesuksesan tentu akan menanti di depan mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here