Butuh Modal Usaha? Lima Produk Pinjaman Bank BRI Ini Mungkin Bisa Jadi Solusinya

0
18

Pinjaman atau kredit merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh layanan keuangan untuk memfasilitasi mereka yang membutuhkan sejumlah dana talangan. Salah satunya produk pinjaman bank BRI, di mana menawarkan plafon pinjaman yang berbeda sesuai dengan jenisnya.

Mengajukan pinjaman atau kredit dinilai sebagai cara paling efektif dalam memecahkan kebutuhan keuangan. Dan layanan ini juga banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mendapatkan suntikan dana atau modal usaha.

Baca Juga : Cara dan Syarat Pinjaman Usaha Kecil, KUR BRI

Bank BRI sendiri menjadi salah satu bank yang paling populer di berbagai kalangan masyarakat dan sering mendapat pengajuan kredit. Pasalnya bank yang telah berdiri sejak tahun 1985 ini memiliki jangkau yang lebih luas di banding bank lainnya.

Tidak hanya ada di kota-kota besar saja, unit atau cabang dari bank BRI ini juga tersebar dan mudah ditemukan di berbagai pelosok Tanah Air.

Luasnya jangkauan kantor BRI dan banyaknya jenis pinjaman yang ditawarkan, membuat bank milik pemerintah Indonesia ini meraih laba yang lebih besar dari bank lain. Selama 2017, contohnya, BRI meraih laba sebesar Rp29 triliun, naik dari tahun sebelumnya yang masih Rp 26,2 triliun.

Hal tersebut juga membuktikan besarnya kepercayaan masyarakat terhadap bank BRI, di mana banyak yang memilihnya sebagai partner terbaik dalam menghadapi masalah finansial.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan dan menggunakan produk pinjaman bank BRI, bisa langsung mendatangi kantor cabang terdekat. Atau bisa juga mencoba ajukan pinjaman online melalui situs resmi bank BRI.

Namun sebelum ajukan pinjaman, ada baiknya Anda mengenal produk pinjaman bank BRI terlebih dahulu. Untuk kebutuhan modal usaha, ada lima pilihan produk pinjaman yang bisa digunakan. Apa saja? Yuk simak penjelasan detailnya.

Pilihan Produk Pinjaman Bank BRI dan Besaran Plafonnya

BRI menyediakan banyak jenis pinjaman kredit, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Besaran plafon yang ditawarkan pun beragam, mulai dari 1 juta hingga 1 miliar. Berikut adalah beberapa produk pinjaman yang ditawarkan oleh BRI:

Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI

Produk pinjaman yang pertama adalah KUR BRI, pilihan pas bagi Anda yang membutuhkan dana untuk membangun dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Besaran bunga yang ditetapkan juga terbilang lebih rendah dibanding jenis pinjaman lainnya, karena mendapat subsidi bunga dari pemerintah. Rata-rata suku bunga yang ditawarkan mulai dari 7% per tahun pada 2018, turun lagi dari tahun lalu yang masih 9% per tahun.

Ada tiga jenis KUR yang tersedia di Bank BRI yang bisa kamu akses, yaitu:

KUR Mikro

Pinjaman ini memberikan kredit maksimal Rp25 juta kepada pelaku bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) dengan masa tenor maksimal 36 bulan.

KUR Ritel

Untuk pinjaman KUR ritel, kamu akan mendapat kredit antara Rp25 juta hingga Rp500 juta dengan masa tenor maksimal 48 bulan.

KUR TKI

Terakhir ada KUR TKI yang memberikan pinjaman khusus untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk modal awal pemberangkatan ke luar negeri. Maksimal kredit yang diberikan adalah Rp25 juta per orang.

Pinjaman Mikro (KUPEDES) BRI

Pilihan produk pinjaman kedua yang bisa dijadikan modal usaha adalah KUPEDES, layanan pinjaman dengan bunga kompetitif yang ditujukan kepada masyarakat umum untuk semua sektor ekonomi baik individual (perorangan) maupun badan usaha.

Pada dasarnya pinjaman mikro BRI ini hampir serupa dengan KUR, dan dibuat sebagai pengganti KUR jika semua dananya sudah habis tersalurkan.

Plafon pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp1 juta hingga Rp100 juta dengan jangka waktu angsuran (tenor) maksimal 24 bulan.

Salah satu keunikan dari pinjaman ini adalah Anda bisa mengajukan pinjaman meski usaha yang dijalankan belum mendapat legalitas. Sebagai penggantinya, Anda harus menyertakan surat keterangan usaha dari kelurahan atau kecamatan sesuai dengan keberadaan tempat usaha.

Kredit BRI Guna

Dapatkan plafon pinjaman BRI dengan nilai hingga 1 milyar dengan menggunakan aplikasi pengajuan kredit yang satu ini. Kredit BRI Guna sendiri merupakan produk KTA, di mana Anda bisa mengajukan pinjaman dana tunai tanpa mengagunkan atau menjaminkan dokumen berharga.

Masa tenor yang ditawarkan juga cukup fleksibel, yaitu hingga 15 tahun. Ada tiga jenis pinjaman Kredit BRI Guna yang bisa Anda pilih, yaitu:

BRI Guna Karya

Merupakan pinjaman kredit yang diberikan Bank BRI di mana sumber pembayaran cicilannya berasal dari sumber penghasilan tetap atau gaji debitur (peminjam). Untuk mendapatkan pinjaman ini, Anda harus memiliki rekening BRI terlebih dahulu atau payroll BRI.

Besaran suku bunga yang diterapkan berbeda, disesuaikan dengan jangka waktu kredit yang diambil. Untuk jangka waktu 12-24 bulan, suku bunganya sebesar 13 persen per tahun atau 1,08 persen per bulan. Sedangkan untuk jangka waktu 36-60 tahun, suku bunganya adalah sebesar 13,5 persen per tahun atau sekitar 1,125 persen per bulan.

BRI Guna Purna

BRI Guna Purna adalah pinjaman KTA yang pembayarannya bersumber dari uang atau dana pensiun. Untuk jenis pinjaman ini, Bank BRI tidak memberikan batas maksimal. Jadi peminjam (debitur) bisa meminjam uang hingga 3 kali dari penghasilan per bulannya.

Tenor yang diberikan oleh BRI juga cukup lama yaitu hingga 15 tahun. Namun jika waktu pengembalian telat atau tidak bisa membayar, pihak BRI akan memberikan biaya penalti.

Akan tetapi bila alasan debitur tidak bisa membayar karena meninggal dunia, maka pelunasan cicilan sepenuhnya akan dilunasi oleh pihak asuransi. Maka dari itu, debitur akan dikenakan biaya tambahan asuransi jiwa setiap bulannya.

BRI Guna Umum

Adalah pinjaman kredit yang diberikan Bank BRI dengan sumber pembayaran yang berasal dari penghasilan tetap semenjak pegawai atau karyawan masih aktif bekerja hingga pensiun.

Nominal pinjaman yang dikeluarkan mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 400 juta dengan suku bunga antara 0,6 persen – 0,84 persen flat per bulan. Besarnya pinjaman tidak hanya disesuaikan dengan kebutuhan debitur tapi juga kemampuan pengembalian per bulannya dengan tenor hingga 15 tahun.

Kredit Multiguna BRI

Kredit multiguna (KMG) adalah fasilitas kredit yang diberikan dengan mengagunkan jaminan seperti BPKB kendaraan bermotor, sertifikat tanah atau bangunan, dan lain sebagainya. Jumlah plafon pinjaman yang diberikan tergantung pada agunan yang dijaminkan.

Umumnya nilai pinjaman yang bisa didapat adalah 80% dari nilai agunan. Untuk agunan kendaraan bermotor, usia kendaraan maksimal adalah 10 tahun, baik itu motor maupun mobil. Kredit ini cocok buat kamu yang ingin meminjam ke bank BRI dengan mengagunkan BPKB motor atau mobil.

Baca Juga : Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Ajukan Kartu Kredit

Kartu Kredit BRI

Produk pinjaman bank BRI terakhir yang bisa Anda gunakan sebagai solusi menambah modal usaha, adalah kartu kredit BRI. Anda bisa memanfaatkan fitur Cash Advance (penarikan tunai), jika benar-benar butuh dana cepat.

Pinjaman menggunakan kartu kredit ini sebenarnya tidak begitu disarankan, karena tempo pelunasannya yang sangat pendek dengan bunga yang cukup tinggi. Hindari penggunaan kartu kredit sebagai salah satu sumber modal utama. Jadikan saja sebagai pendukung jika suatu saat membutuhkan dana talangan.

Itulah deretan produk pinjaman bank BRI, manakah yang membuat Anda tertarik untuk mengajukannya? Pililah produk pinjaman yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here