Mau Ajukan KTA Bank DBS? Kenali Dulu Tujuh Alasan Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Anda Bisa Ditolak

0
26

KTA Bank DBS adalah layanan pinjaman tanpa jaminan dari lembaga keuangan berbasis perbankan yang tersedia di pasar saat ini. Salah satu produknya adalah Dana Bantuan Sahabat yang menawarkan pinjaman hingga 300 juta dengan tenor cicilan 12, 24 hingga 36 bulan.

Syarat untuk mendapatkan pinjaman KTA Bank DBS pun cukup mudah. Anda hanya membutuhkan kartu kedit paling tidak minimal penggunaan 1 tahun dengan limit yang cukup. Setelah itu menunggu hingga beberapa hari sampai proses pinjaman dana cair.

Baca Juga: Gunakan Aplikasi Peminjaman Uang Online dengan Aplikasi Digitalbank DBS

Meskipun pengajuannya cukup mudah, penolakan dari bank atas pengajuan KTA yang dilakukan bisa saja terjadi. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama kenapa aplikasi tersebut ditolak oleh pihak Bank DBS.

Tujuh Alasan Aplikasi Pinjaman KTA Bank DBS Bisa Ditolak

Bagi Anda yang berencana mengajukan KTA Bank DBS, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu alasan kenapa aplikasi pinjaman bisa ditolak. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan lebih awal dan memperkecil kemungkinan aplikasi yang diajukan ditolak.

Verifikasi Data Gagal

Pastikan data atau dokumen yang diberikan kepada pihak Bank lengkap dan akurat, terutama data pribadi. Dokumen yang kurang lengkap sangat fatal pengaruhnya bagi diterima atau ditolaknya pengajuan KTA Bank DBS Anda.

Satu hal lagi yang paling penting yaitu nomer telepon. Ketika menulis kontak yang bisa dihubungi, pastikan bahwa nomer tersebut benar dan selalu aktif. Hal ini akan sangat membantu pihak bank ketika melakukan proses verifikasi data.

Dokumen Tidak Terbaca

Pastikan lampiran dokumen yang Anda serahkan kepada pihak bank dapat terbaca dengan jelas semuanya. Seperti fotocopy KTP, slip gaji dan berkas kelengkapan lainnya.

Jika ada tulisan yang tidak terbaca, bukan hal yang tidak mungkin bagi pihak bank untuk menolak aplikasi pinjaman yang Anda ajukan. Maka dari itu, perhatikan kembali fotocopy dokumen atau berkas yang dibutuhkan sebelum diserahkan. Kalau ada yang tidak jelas, segera perbaiki.

Tunggakan Kartu Kredit

Pastikan tidak ada hutang atau tunggakan. Jika Anda memiliki tunggakan kartu kredit, segera lunasi. Hal ini akan memberikan kesan atau reputasi yang kurang baik dan membuat pihak bank DBS ragu untuk menyetujui aplikasi pinjaman KTA Anda.

Pihak analis dari Bank DBS bisa dengan mudah melihat dan mengetahui riwayat kredit Anda baik lembaga bank maupun non-bank melalui proses BI Checking. Oleh karena itu, memiliki kartu kredit yang masih menunggak sangat mengganggu suksesnya aplikasi pinjaman yang diajukan.

Rekam Jejak Kredit yang Buruk

Salah satu pertimbangan pihak bank menerima aplikasi pinjaman yang diajukan adalah calon nasabah memiliki rekam jejak kredit yang baik. Hal ini lah yang biasa disebut proses BI Checking.

Catatan riwayat kredit atau pinjaman setiap nasabah dapat diakses oleh beberapa pihak untuk mengukur kemampuan bayar atas aplikasi pinjaman yang diajukan. Tak terkecuali tim analis Bank DBS yang mempunyai akses kesana.

Jika Anda sering menunggak atau terlambat membayar cicilan di lembaga bank atau non-bank sebelumnya, maka kemungkinan besar KTA Bank DBS yang diajukan akan ditolak. Agar memiliki rekam jejak kredit yang baik, pastikan Anda selalu disiplin dan melunasi tagihan kredit tepat waktu.

Pemalsuan Data (Fraud)

Pastikan bahwa seluruh data informasi dan dokumen syarat pengajuan KTA yang dilampirkan benar-benar asli dan tidak dipalsukan. Jika data yang dilampirkan tidak sesuai atau palsu,  maka hal ini bisa menjadi penyebab aplikasi pinjaman yang Anda ajukan ditolak oleh pihak Bank DBS.

Tidak Memenuhi Syarat Calon Peminjam

Setiap lembaga keuangan perbankan maunpun non-bank memiliki syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh calon nasabah (peminjam) dari pengajuan KTA. Salah satu contohnya, di Bank DBS yang mengharuskan calon peminjam memiliki kartu kredit minimal satu tahun dengan limit tertentu.

Pastikan Anda memenuhi syarat dan ketentuan dari Bank DBS sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan atau KTA.

Baca Juga: Syarat dan Ketentuan Kredit Tanpa Jaminan di Perbankan BUMN

Jumlah Pinjaman yang Terlalu Besar

Batas jumlah peminjaman yang ditetapkan oleh setiap lembaga keuangan berbeda-beda. Di Bank DBS sendiri, jumlah pinjaman yang ditawarkan hingga 300 juta dengan jangka waktu tenor atau cicilan 12, 24 dan 36 bulan.

Pastikan Anda sudah membaca prasyarat pengajuan KTA agar jumlah pinjaman yang diajukan berada dalam batas yang ditentukan. Anda juga bisa berkonsultasi degan pihak marketing Bank DBS untuk memperkirakan apakah jumlah pinjaman yang diajukan terlalu besar atau tidak.

Itulah beberapa poin umum yang bisa menyebabkan aplikasi pinjaman KTA Bank DBS yang Anda ajukan ditolak oleh pihak Bank DBS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here