Koperasi Simpan Pinjam: Solusi Pinjam Uang Tanpa Ribet Bagi Pengusaha UKM

0
17

Koperasi simpan pinjam adalah layanan lembaga keuangan non bank yang menyediakan sejumlah dana pinjaman, tanpa harus menyertakan agunan atau jaminan.

Meski dikenal atau identik dengan lembaga keuangan zaman dulu, di mana anggotanya didominasi oleh para orangtua, pinjaman koperasi ternyata mempunyai beberapa keunggulan dan keuntungan dari bank konvensional.

Koperasi sendiri adalah lembaga keuangan bukan bank yang sudah berbadan hukum, dan dikenal sebagai salah satu bentuk usaha yang dikenal pro rakyat. Landasan hukumnya tercatat pada Undang-Undang Nomor 17 tahun 2017.

Baca Juga : Pengertian dan Macam Kredit Usaha Rakyat yang ada di Indonesia

Dalam menjalankan usahanya, koperasi terdiri dari pengurus dan pengawas yang dipilih pada saat rapat anggota berlangsung. Pengurus inilah yang nantinya akan menjalankan dan mengelola usaha koperasi demi kesejahteraan semua anggota.

Mengenal Layanan Koperasi Simpan Pinjam

Pada dasarnya ada banyak jenis koperasi, namun yang paling populer dikalangan masyarakat adalah koperasi simpan pinjam. Ketika awal dibentuk, koperasi hanya berfokus pada anggota koperasi saja, baik dalam hal simpanan maupun pinjaman.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, demi mengikuti dan mendorong kebutuhan persaingan usaha, koperasi juga menyediakan produk pinjaman yang khusus ditujukan untuk anggota maupun yang bukan anggota, di mana saat ajukan pinjaman statusnya adalah calon anggota koperasi.

Layanan pinjaman dari koperasi ini bisa menjadi solusi bagi Anda, terutama pengusaha skala UKM yang sedang membutuhkan modal pinjaman untuk membangun dan menjalankan suatu bisnis. Syaratnya pun cukup mudah, tidak sesulit meminjam di bank.

Tidak hanya itu, koperasi simpan pinjam juga menawarkan beberapa keunggulan dan kemudahan bagi para anggotanya. Apa saja keunggulannya? Simak ulasan berikutnya.

Keunggulan Koperasi Simpan Pinjam

Berikut adalah sejumlah keunggulan atau kelebihan pinjaman modal koperasi dibanding layanan keuangan lainnya:

Syarat Pinjaman Lebih Mudah

Jika dibanding dengan peminjaman di bank, syarat yang ditetapkan oleh koperasi jauh lebih mudah dan praktis, sehingga peluang untuk mendapat pinjaman dana pun lebih besar. Apalagi jika mempunyai relasi atau mengenal pengurus koperasi pastinya akan lebih cepat cairnya.

Dana Pinjaman Lebih Cepat Cair

Tidak hanya persyaratannya saja yang mudah, proses pencairan dana pun terbilang cepat. Bahkan ada beberapa pinjaman yang bisa langsung cair hari itu juga, pada saat Anda ajukan pinjaman. Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki koperasi yang tidak didapatkan di layanan keuangan lainnya.

Suku Bunga Rendah

Jika dibandingkan dengan layanan keuangan lainnya, suku bunga koperasi memiliki nilai suku bunga paling rendah. Fungsi utama dari didirikannya koperasi adalah mensejahterakan kepada semua anggotanya, sehingga termasuk suku bunga yang diberikan akan lebih rendah dari perbankan atau multifinance lainnya.

Dapat Mengajukan Tanpa Jaminan

Sama seperti produk pinjaman lembaga keuangan lainnya, koperasi juga menyediakan layanan pinjaman tanpa agunan atau jaminan. Hanya saja, tidak semua koperasi menerapkannya. Ada beberapa pinjaman dengan nominal tertentu yang tidak membutuhkan jaminan atau agunan. Ini menjadi pilihan yang tepat terutama bagi Anda yang tidak memiliki barang berharga untuk dijadikan jaminan.

Dapat SHU Setiap Tahun

Bagi yang terdaftar sebagai anggota koperasi, Anda berkesempatan untuk mendapat SHU setiap tahunnya. SHU adalah sisa hasil usaha yang akan dibagikan sesuai kesepakatan diawal. Secara tidak langsung, Anda seperti sedang berinvestasi di koperasi dan akan mendapat keuntungan darinya.

Bagaimana, Anda tertarik untuk jadi anggota koperasi atau ajukan pinjaman ke lembaga tersebut? Berikut panduan untuk menjadi anggota maupun ajukan pinjaman ke koperasi.

Syarat Menjadi Anggota Koperasi

Berikut adalah sejumlah syarat umum yang harus Anda ketahui saat akan mendaftarkan diri sebagai calon anggota koperasi:

  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia
  • Keanggotaan adalah perorangan, bukan badan usaha
  • Setuju terhadap aturan koperasi, mulai dari anggaran hingga kewajiban bayar simpanan wajib dan pokok
  • Menyetujui Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan atau ketentuan yang berlaku dalam koperasi

Setelah menjadi anggota koperasi, Anda memiliki kewajiban untuk :

  • Wajib membayar Simpanan Pokok yang dibayarkan sekali itu aja
  • Setiap bulannya, anggota wajib bayar Simpanan Wajib
  • Ada pula Simpanan Sukarela yang mirip tabungan, nominal dan frekuensinya gak ditentukan.

Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi Simpan Pinjaman

Proses pengajuan aplikasi pinjaman ini akan lebih mudah dilakukan, jika Anda terdaftar sebagai anggota. Dengan begitu, Anda bisa mengajukan pinjaman di koperasi sesegera mungkin dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Berstatus sebagai anggota koperasi atau calon anggota koperasi
  • Mengisi formulir pinjaman
  • Menyerahkan Foto Copy KTP suami istri jika sudah menikah
  • Menyerahkan Foto Copy KK, Rekening listrik, Slip gaji dan juga Agunan.

Setelah syarat di atas telah terpenuhi, Anda hanya perlu mengikuti langkah selanjutnya untuk melakukan peminjaman modal, yaitu:

  • Melengkapi pengajuan dana peminjaman dengan menyertakan proposal penggunaan dana secara detail, misalnya untuk berbisnis laundry pakaian, cuci motor, dan sebagainya
  • Pengurus koperasi akan mempertimbangkan proposal yang Anda ajukan sesuai dengan prosedur peminjaman, jika memang proposal Anda bagus, besar kemungkinan akan lebih mudah diterima
  • Jika pengajuan pinjaman modal disetujui, Anda akan diminta mengisi akad pinjaman koperasi yang isinya besaran dana yang akan dicairkan dan kesepakatan lama pengembalian dana yang Anda pinjam.

Baca JUga : Solusi Pinjaman Tanpa Riba dari Lembaga Keuangan Bank dan Non-Bank

Perhitungan Bunga Koperasi Simpan Pinjam

Bagaimana dengan perhitungan bunganya? Koperasi sendiri menerapkan tiga tipe bunga, yang biasa diaplikasi pada pinjaman jangka pendek. Tipe apa saja? Berikut uraiannya:

Perhitungan Bunga Flat: Bunga tipe ini sering digunakan dalam pinjaman jangka pendek, maksud dari bunga flat adalah perhitungan bunga nominalnya selalu sama setiap bulannya.

Bunga Menurun: Bunga ini adalah tipe bunga yang dipengaruhi oleh besaran dari nilai pinjaman pokok, semakin kecil pinjaman, maka semakin kecil bunganya.

Bunga Menurun Efektif: Metode perhitungan bunga satu ini juga sering digunakan dalam pinjaman di koperasi. Tipe bunga ini dihitung dari saldo akhir di setiap bulannya, sehingga bunga yang Anda bayarkan akan menurun setiap bulannya.

Itu dia penjelasan koperasi simpan pinjam, yang juga bisa Anda jadikan solusi pinjaman untuk menambah modal usaha atau bisnis yang akan dijalankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here