Mengenal Investasi Bitcoin yang Mulai Naik Daun, Tertarik? Pahami Dulu Risikonya

0
3

Istilah bitcoin mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Wajar saja, sering di antara kita menyebutkan istilah bitcoin ini semacam kegiatan berinvestasi. Namun, tahukah Anda apa itu bitcoin? Bitcoin sebelumnya diperkenalkan pada 2009 oleh Satoshi Nakamoto namun baru berkembang di Indonesia pada akhir-akhir ini.

Meskipun sudah sepuluh tahun kehadirannya, nampaknya bitcoin baru dikenal masyarakat luas bahkan masih ada yang belum tahu. Fungsi bitcoin sebenarnya digunakan untuk transaksi online seperti pembelanjaan online seperti game dan sebagainya.

Anda memutuskan untuk berinvestasi bitcoin? Sebelum Anda berinvestasi bitcoin sebaiknya pelajari terlebih dahulu apa itu bitcoin dan resiko yang akan ditimbulkan jika berinvestasi ini. Sebelum investasi, berikut ini penjelasan tentang bitcoin.

1. Sistem yang Digunakan Menggunakan Sistem Peer to Peer (P2P)

Bagi Anda yang belum tahu istilah peer to peer ini merupakan jenis investasi di mana peserta bisa menjadi sebagai investor atau sebagai peminjam. Sistemnya langsung tanpa perantara. Sistem yang digunakan bitcoin menggunakan sistem peer to peer. Berbeda dengan sistem perbankan konvensional yang menjadi perantara dari transaksi, bitcoin hanya menggunakan sistem transaksi langsung.

Banyak yang beranggapan bertransaksi menggunakan bitcoin tergolong aman. Sistem keamanan ini akan mencatat dan memverifikasi melalui sebuah jaringan. Kemudian transaksi tersebut akan tercatat pada sebuah sistem yang bernama blockchain. Dengan demikian transaksi tersebut dianggap aman.

2. Volatilitas Ekstrem

Setiap investasi memiliki risikonya masing-masing, besar kecil risiko tersebut tergantung jenis investasi yang Anda pilih. Berinvestasi dalam cyrptocurrency dikatakan memiliki risiko tinggi karena harganya sangat berfluktuasi.

3. Tidak Ada Regulasi 

Apabila setiap investasi memiliki regulasi berdasarkan pemerintah atau bank untuk pengaduan keluhan, Investasi bitcoin tidak ada regulasi, misalnya ketika kita terjadi kerugian, maka sangat tidak mungkin untuk mendapatkan uang kembali.

4. Isu Legalitas

Banyak di antara kita yang bertanya bagaimana legalitas investasi bitcoin terutama di Indonesia. Menurut berbagai sumber, seperti Bank Indonesia menyatakan bitcoin belum resmi di Indonesia sebagai alat pembayaran artinya masih ilegal.

5. Banyak Terjadi Penipuan dan Aktivitas Ilegal

Ada banyak isu tentang penipuan. Hal ini disebabkan karena kesalahan informasi dan ketidakjelasan terkait perdagangan bitcoin. Karena itu, para investor agar berhati-hati ketika memutuskan untuk berinvestasi bitcoin.

Alangkah baiknya sebelum Anda melakukan investasi bitcoin untuk mempelajari terlebih dahulu apakah perlu berinvestasi bitcoin? Pikirkan secara matang agar tidak sembaragan, dan apabila suatu hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda sudah siap menanggung risikonya sendiri. Jangan sampai Anda menyesali di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + eleven =