6 Kiat Memilih Lembaga Pinjaman Online Terpercaya

0
86

Banyaknya situs pinjaman uang online, pastinya membuat Anda bingung menentukan mana perusahaan pinjaman online terpercaya untuk mengajukan kredit. Jika salah pilih sangat mungkin malah menyulitkan Anda nantinya. Untuk itu, mari ketahui bagaimana memilih perusahaan pinjaman online terpercaya untuk penuhi kebutuhan Anda.

Perhatikan keresmian lembaganya, Jika sudah diawasi dan diatur oleh OJK lebih Baik

Sebelum memilih situs pinjaman online, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apakah lembaga keuangan tersebut sudah terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK adalah badan negara yang menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap lembaga keuangan. Untuk itu, situs pinjaman uang online terpercaya tentu saja harus sudah secara resmi terdaftar sebagai jasa penyedia pinjaman berbasis online di OJK. Umumnya, situs pinjaman online yang terpercaya menyertakan logo “Telah terdaftar dan diawasi oleh OJK” ada di bagian atas atau bawah halaman muka. Bila tidak ada sebaiknya pertimbangkan kembali keputusan Anda mengajukan pinjaman di situs atau aplikasi itu.

Baca Juga: Website Pembanding Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Cari tahu produk pinjamannya dan biaya yang dikenakan ke debitur

Pinjaman aman lewat online

Jika Anda sudah menemukan situs kredit online yang telah terdaftar resmi oleh OJK jangan terburu-buru mengajukan pinjaman! Pahami dulu produk yang mereka tawarkan. Apa saja hal penting yang perlu Anda ketahui?

Pertama, beban bunga yang berlaku. Setiap lembaga pinjaman menawarkan bunga yang berbeda-beda. Kalau bunga yang ditetapkan terlalu besar, misalnya berapa persen per hari sebaiknya carilah yang lain. Sebab pasti total cicilan yang harus Anda bayarakan akan tambah besar.

Hal kedua yang pelu Anda ketahui adalah biaya tambahan dan potongan yang akan dibebankan ke debitur. Seperti biaya administrasi, potongan uang muka, biaya transfer, biaya penalty telat bayar cicilan dan lain sebagainya.

Selanjutnya plafon maksimum dan jangka waktu pinjaman. Mengetahui plafon dan jangka waktu pengembalian maksimum bisa menjadi acuan bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dana besar dengan waktu yang lama. Bandingkan beberapa situs pinjaman uang online terpercaya agar Anda tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pelajari mekanisme dan cara pinjam dana onlinenya

Untuk mengetahui situs pinjaman online terpercaya atau tidak, Anda harus memahami prosedur pinjamannnya. Sama seperti pinjaman konvesional, pinjaman online juga memiliki prosedur khusus, mulai dari pengajuan sampai dana dicairkan ke rekening debitur. Umumnya hal pertama adalah mengisi formulir pinjaman, selanjutnya Anda kan diminta data diri untuk melengkapi persyaratan administrative. Proses selanjutnya barulah masuk ketahap survei dan penjelasan bunga dan mekanisme pelunasan cicilan. Anda perlu benar-benar memahami bagian ini agar ke depannya tidak ada kesulitan saat mencicil pinjaman.

Perhatikan persyaratan yang diminta

Persyaratan yang diminta umumnya adalah kartu identitas diri, KK, NPWP, slip gaji dan Surat Keterangan Kerja. Bila lembaga pinjaman tersebut meminta dokumen seperti sertifikat tanah atau kendaraan lebih baik pilih opsi lainnya. Tapi kalau memang dokumen tersebut dibutuhkan sebagai jaminan, Anda boleh tanyakan langsung kepada pihak Kreditur. Tanyakan apakah ada asuransi untuk jaminan yang diberikan.

Selain itu, Anda juga harus waspada jika pihak peminjam mengharuskan Anda untuk membayarkan biaya di muka sebelum pinjaman cair. Permintaan yang tidak wajar ini tentu harus dicurigai agar Anda tidak kena kedok penipuan pinjaman online.

Baca Juga: Fasilitas Dana Cepat Terpercaya untuk Bayar Hutang

Pastikan situs aman

Untuk memastikan data yang Anda masukan aman, pastikan situs pinjaman yang Anda pilih aman. Cara mengetahui aman atau tidaknya biasanya ketika masuk ke situs web si bagian kiri atas, tepatnya disebelah alamat website ada logo gembok terkunci. Itu artinya situs yang Anda buka aman dan data yang dimasukan terenskripsi. Jadi semua data pribadi Anda seperti password, email dan lainnya tidak bisa dicuri orang lain.

Jika ingin mengajukan pinjaman di perantara pastikan kredibilitasnya baik

Sekarang ini sudah banyak marketplace financial yang memberikan pilihan layanan pinjaman dari bank, contohnya saja seperti Cekaja, Cermati, duitpintar dan lain sebagainya. Situs-situs ini cukup menguntungkan buat Anda yang ingin membandingkan produk perbankan tanpa harus datang ke kantor bank terkait. Nah, bila Anda ingin mengajukan lewat marketplace-marketplace keuangan itu, pastikan mereka memiliki reputasi yang baik dan punya coustemer service yang berpengalaman.

Mencari lembaga pinjaman online terpercaya perlu kejelian dan kesabaran. Jadi bila Anda ingin mengajukan pinjaman di lembaga online tersebut ada baiknya lakukan 6 hal ini agar Anda tidak menyesal atau jadi korban penipuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here