Jangan Mudah Tergiur dengan Fasilitas Kartu Kredit Bunga Nol Persen, Baca Infonya Disini!

0
11

Kartu kredit bunga nol persen adalah sebuah fasilitas bagi pengguna kartu di mana bisa menikmati cicilan tanpa ada biaya tambahan (bunga), hanya diwajibkan membayar angsuran dari total pembelanjaan.

Bagi shopaholic tentunya hal ini sangat menggiurkan dan terkesan menguntungkan. Secara tidak langsung, mereka bisa menghemat pengeluaran biaya bulanan.

Baca Juga : Hal Penting yang Harus diperhatikan Sebelum Ajukan Kartu Kredit

Misalnya, Anda membeli merek handphone A seharga Rp 8 juta dengan periode cicilan 10 bulan. Itu berarti, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 1 juta setiap bulannya. Hal ini tentu meringankan, ketimbang langsung mengeluarkan Rp 8 juta pada saat itu juga.

Meskipun begitu, Anda juga harus cermat pada saat menggunakan fasilitas kartu kredit bunga nol persen. Jangan sampai terlena dan lantas membeli semua barang yang Anda inginkan. Tetaplah rasional dan berpegang pada kebutuhan, bukan semata keinginan.

Cara Mendapatkan Cicilan dengan Bunga Nol Persen

Tentu untuk bisa menikmati layanan kredit bunga nol persen ini ada ketentuan serta aturan main yang harus Anda ikuti. Berikut diantaranya :

  • Limit mencukupi
  • Merchant membuka fasilitas pembayaran cicilan bunga 0%

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah apakah limit kartu kredit Anda mencukupi. Jika tidak, lebih baik Anda urungkan niat untuk membeli produk tersebut. Karena pihak toko tidak akan memproses pembayaran kartu kredit yang sudah over limit.

Kedua, cari merchant yang menyediakan fasilitas pembayaran kartu kredit dengan bunga cicilan 0%. Perlu diketahui, tidak semua toko menerapkan promo ini. Hanya toko atau merchat tertentu saja.

Biasanya mereka akan memasang papan informasi yang menunjukan bahwa toko tersebut menerima transaksi dengan kartu kredit bunga nol persen.

Untuk mengetahui informasi merchant yang membuka promo tersebut bisa mencarinya langsung lewat internet. Di sana akan terncantum toko atau produk apa saja yang bekerja sama dengan bank pilihan Anda dalam menawarkan cicilan 0%.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kredit Bunga Nol Persen

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui, jika menggunakan layanan kredit bunga nol persen.

Limit Berkurang Sesuai Total Transaksi

Disinilah terkadang banyak yang salah paham. Perlu diketahui bahwa limit pada kartu kredit akan berkurang sesuai dengan jumlah harga produk yang dibeli, bukan hitungan transaksi per bulan.

Salah jika Anda beranggapan, bahwa limit pada kartu kredit akan kembali normal setiap bulannya. Berikut simulasi perhitungannya.

Misalnya besaran limit kartu kredit Anda adalah Rp 10 Juta dan sudah digunakan untuk membeli handphone seharga Rp 8 juta. Itu artinya, kesempatan Anda berbelanja dengan kartu kredit tinggal Rp 2 juta.

Limit akan kembali normal, seiring dengan cicilan angsuran tersebut dilunasi setiap bulannya. Jadi apabila pada bulan pertama Anda membayar cicilan Rp 1 juta, maka secara otomatis limit kartu kredit pun akan bertambah.

Di mana limit akhir tadi setelah transaksi adalah Rp 2 juta, sekarang bertambah jadi Rp 3 juta. Limit tersebut akan terus bertambah setiap Anda membayar angsuran perbulannya. Sampai cicilan lunas dan balik ke Rp 10 juta sesuai dengan limit awal.

Tidak Ada Cashback ataupun Point Rewads

Tentu pihak bank tidak mau rugi, besar kemungkinan Anda tidak bisa menikmati promo bank lainnya seperti cashback dan poin rewards. Cicilan bunga nol persen tersebut, biasanya sudah dianggap sebagai bonus bagi nasabah.

Secara tidak langsung, Anda sudah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan cashback dan poin reward dari bank terkait.

Ada Biaya Ekstra

Hal yang perlu Anda ketahui pula bahwa setiap transaksi dengan menggunakan kartu kredit akan dikenakan biaya administrasi berupa pajak, yang harus dibayarkan ke bank penerbit kartu kredit.

Namun jumlahnya kecil, sekitar 3 sampai 4% dari total transaksi yang harus dibayar. Biasanya ada sejumlah toko yang bersedia untuk menanggung biaya administrasi tersebut.

Sebaiknya Anda melakukan negosiasi dengan toko tentang siapa yang harus menanggung biaya administrasi ini. Dengan begitu, pengeluaran pun bisa lebih hemat lagi dan Anda hanya berkewajiban untuk membayar angsuran setiap bulannya.

Cermatlah dalam Berbelanja

Sejumlah fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan program kartu kredit bunga nol persen ini memang menggiurkan. Dan tentunya sangat memudahkan Anda dalam mendapatkan barang yang diinginkan.

Baca Juga : Jenis dan Cara Dapatkan Kartu Kredit Online Gratis

Namun begitu, Anda harus tetap cermat dalam memanfaatkannya. Jangan sampai terbawa nafsu dan membeli barang yang sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan. Tadinya mau irit malah harus menanggung beban cicilan yang cukup banyak setiap bulan.

Pahami dan teliti kembali setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak bank dan penjual. Dan terakhir jangan lupa untuk membayar tagihan sesuai jatuh tempo yang telah ditentukan.

Apabila terlambat membayar tagihan kartu kredit maka Anda akan dibebankan biaya tambahan yaitu denda keterlambatan. Besaran dana yang harus dibayar masing masing bank berbeda, tergantung kesepakatan awal Anda dengan pihak bank.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here