Hal yang Penting diperhatikan Sebelum Ajukan Kartu Kredit

0
12

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai berbentuk kartu yang diterbitkan oleh sebuah bank yang berfungsi untuk memudahkan nasabahnya melakukan transaksi. Kartu Kredit meminjamkan nasabahnya uang, namun bukan berasal dari rekening nasabah tersebut.

Bagi masyarakat perkotaan, kartu kredit bukanlah sesuatu hal yang asing. Bahkan, tak sedikit juga masyarakat yang memiliki lebih dari satu kartu kredit. Banyak transaksi pembayaran yang menggunakan kartu kredit.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Kartu Kredit Online Gratis? Simak Caranya Disini

Demi menikmati kemudahan dan keuntungan kartu kredit, membuat masyarakat tergoda untuk memilikinya. Banyaknya kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan seringkali membuat Anda bingung untuk memilih bank sebagai penerbit kartu kredit.

Ada baiknya jika Anda tidak perlu terburu-buru dalam memilih kartu kredit. Di samping keuntungan yang diberikan, Anda juga harus lebih selektif pada biaya tambahan yang nantinya akan dibebankan pada pembayaran kartu kredit Anda agar Anda tidak mengalami penyelasalan dikemudian hari.

Agar hal tersebut tidak terjadi, perhatikan beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar penerbitan kartu kredit tidak menjadi bencana bagi keadaan finansial Anda.

Pahami Tujuan Menggunakan Kartu Kredit

Sebelum mengajukan kartu kredit, sebaiknya Anda benar-benar memahami tujuan penggunaan kartu kredit. Hal ini sangat patut diperhitungkan karena segala bentuk transaksi yang nantinya Anda lakukan akan menjadi utang yang wajib Anda bayar. Jika tak terlalu mendesak, sebaiknya Anda perlu mengurungkan niat untuk membuat kartu kredit.

Pilih Jenis Katu Kredit yang Tepat

Kartu kredit memiliki banyak jenisnya, jadi sebaiknya pilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya seperti kartu kredit yang khusus diciptakan bagi Anda yang suka bepergian. Jenis kartu kredit ini akan memudahkan Anda dalam pemesanan tiket sampai kenyamanan ruang tunggu bandara.

Bagi anda yang senang berbelanja, Anda dapat memilih kartu kredit memberikan cash back. Kartu kredit jenis ini bisa memberikan pengembalian uang tunai untuk beberapa pembelian. Selain itu tersedia juag kartu kredit bagi Anda yang senang dengan berbagai penawaran seperti di bioskop ataupun restoran.

Reputasi Bank Penerbit Kartu Kredit

Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui reputasi bank penerbit kartu kredit. Pastikan bahwa banyak tersebut memiliki track record yang baik dan tidak memiliki permasalahan dalam penerbitan kartu kredit.

Persyaratan Pengajuan

Pahami dan lengkapi persyaratan pengajuan kartu kredit agar tidak terjadi kegagalan pada saat Anda mengajukan pembuatan kartu kredit.

Biaya Tahunan

Sebaiknya Anda menanyakan mengenai biaya tahunan yang harus dibayar setelah masa promosi habis. Di Indonesia, biaya tahunan kartu kredit dibayarkan sesuai dengan jenis kartu kreditnya

Minimum Pembayaran Tagihan

Pada umumnya, minimum pembayaran kartu kredit adalah sepuluh persen dari besarnya tagihan. Meskipun terdapat minimum pembayaran, ada baiknya jika Anda tidak melakukan hal tersebut karena akan membuat bunga tagihan tersebut semakin membesar.

Biaya Keterlambatan Pembayaran

Tanyakan juga mengenai biaya keterlambatan pembayaran kartu kredit. Bank Indonesia sebenarnya telah menetapkan aturan mengenai biaya keterlambatan pembayaran kartu kredit dalam Surat Edaran BI Nomor 14/17/DASP yang menyebutkan bahwa biaya keterlambatan maksimal tiga persen dari total tagihan dan nominalnya tidak lebih dari Rp.150.000.

Biaya Tarik Tunai

Rata-rata bank memberikan biaya empat persen disetiap penarikan tunai yang diambil melalui ATM.

Baca Juga: Kredivo: Cara Pinjam dengan Kredit Cepat Tanpa Kartu Kredit

Transaksi Luar Negeri

Tidak semua kartu kredit dapat melakukan transaksi luar negeri, namun untuk kartu kredit yang dapat melakukan transaksi luar negeri rata-rata menarapkan nominal satu sampai tiga persen dari nominal transaksi yang dilakukan.

Limit Kartu Kredit

Tanyakan mengenai berapa limit transaksi yang bisa dilakukan kartu kredit Anda. Dengan mengetahui limit kartu kredit, Anda bisa membuat perencanaan agar penggunaan kartu kredit tidak melebihi batasnya.

Pahamilah segala seluk beluk kartu kredit sebelum Anda membuatnya. Pikirkan secara matang agar kartu kredit yang Anda buat bisa berguna sesuai dengan kebutuhan. Gunakanlah kartu kredit sebijak mungkin agar Anda tidak sulit pada saat tanggal pembayaran tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here