Mengenal Layanan Pay Later dalam Dompet Digital Kekinian

0
1

Pay Later. Mungkin dari Anda kini sudah tidak asing lagi dengan istilah layanan Pay Later bukan? Ya, saat ini ada sebuah tren baru transaksi digital di Indonesia. Beberapa startup kini berlomba-lomba menawarkan layanan pay later atau bayar kemudian.

Diluncurkannya layanan ini tentu bertujuan untuk mempermudah transaksi pengguna. Fitur-fitur yang ditawarkan pun sangat beragam. Pay later memudahkan Anda karena tidak perlu ada jaminan dan kartu kredit.

Apa Itu Pay Later

Pay Later adalah metode pembayaran yang mirip dengan kartu kredit. Metode pembayaran ini memudahkan Anda di mana pihak perusahaan membayarkan terlebih dahulu tagihan pengguna di merchant. Istilah lainnya adalah belanja dulu bayarnya belakangan.

Baca Juga: Mengenal Dompet Digital OVO, Apa Aja Sih Fiturnya??

Dalam Pay Later setelah transaksi dibayarkan, barulah kemudian pengguna membayar ke pihak perusahaan aplikasi. Dalam layanan ini biasanya aplikasi menggandeng pihak ketiga.  Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda harus mengikuti syarat dan ketentuan Pay Later seperti mengisi data pribadi, foto diri dan foto KTP.

Beberapa Aplikasi Pay Later

Saat ini ada beberapa perusahaan yang menyediakan layanan Pay Later seperti traveloka, Gopay dan Ovo.  Perusahaan tersebut memungkinkan

Traveloka Pay Later

Traveloka Pay Later bisa diibaratkan kartu kredit online. Dengan menggunakan layanan ini Anda bisa melakukan pembelian produk Traveloka dengan menggunakan dana pinjaman online. Bunga yang dibebankan sebesar 2,14-4,78 persen per bulan.

Traveloka juga menawarkan limit kredit uang cukup besar bisa sampai maksimal Rp50 juta. Sama seperti kartu kredit, Traveloka Pay Leter akan membebankan biaya tambahan jika Anda tidak melakukan pembayaran setelah 30 hari melakukan transaksi.

Pay Later Gopay

Pay Later memungkinkan Anda untuk membayar transaksi yang ada di dalam aplikasi Gojek dengan melakukan transaksi terlebih dahulu kemudian melakuakan pembayaran. Sama seperti kartu kredit, Anda akan ditagihkan pada tanggal yang sudah disepakati dan disesuaikan.

Tidak semua pengguna bisa menikmati fasilitas ini karena hanya pengguna tertentu yang telah ditinjau lebih jauh oleh pihak Gojek. Jika Anda sudah menjadi pengguna terpilih menggunakan layanan tersebut maka Anda sudah bisa menikmati fitur pay later gojek.

OVO Pay Later

Siapa yang tidak mengenal aplikasi OVO. Perusahaan dompet digital yang terafiliasi dengan Lippo Grup ini memberikan layanan pay later. Layanan Pay Later OVO ditalangi oleh Taralite.  Bunga bulanan Pay Later OVO sebesar 2,9 persen dari nilai pembayaran atas transaksi.

Baca Juga: GoPay, Layanan Dompet Digital untuk Transaksi di GoJek

Jika Anda menggunakan aplikasi Pay Later OVO Anda akan dikenakan biaya administrasi oleh partner 5 persen dari nilai transaksi. Maksimal kredit limit Rp10 juta. Setiap tanggal 27 Anda akan dikenakan tagihan dan pembayaran maksimal tgl 1 di bulan berikutnya.

Jika pembayaran tidak tepat waktu maka akan dikenakan bunga tunggakan sebesar 0,1 persen per hari dari sisa nilai tagihan yang jatuh tempo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here