Butuh Pinjaman Cepat? Lakukan Pinjaman Online

0
16

Pinjaman online adalah salah satu manfaat yang dapat Anda rasakan dari berkembangnya teknologi. Hal tersebut bisa didapatkan dari layanan fintech atau financial technology.

Pinjaman sendiri adalah suatu jenis hutang yang melibatkan segala jenis benda yang berwujud. Peminjam hanya akan menerima sejumlah uang dari pemberi hutang yang akan dibayarkan kembali dalam bentuk angsuran.

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Memilih Pinjaman Online

Jika biasanya pinjam-meminjam dilakukan secara bertatap muka atau konvensional, saat ini telah hadir pinjaman online. Pinjaman online lebih efesien dari segi waktu ketimbangan pinjaman yang dilakukan secara lansung di bank.

Mengapa Pinjaman Online dibutuhkan?

Pinjaman online yang lebih cepat cair dibandingkan pinjaman bank membuat masyarakat tergiur untuk melakukan pinjaman. Selain itu pinjaman online dilakukan karena adanya kebutuhan tertentu yang sangat mendesak seperti membayar biaya renovasi rumah, membeli property, biaya Pendidikan, biaya rumah sakit, modal usaha, ataupun, membayar biaya pelunasan kartu kredit.

Jenis-jenis Pinjaman Online

Untuk memenuhi permintaan masyarakat yang beragam, maka pinjaman online pun memiliki variasinya. Terdapat dua jenis pinjaman uang online yang berkembang yaitu

Website Lending

Website lending adalah penyedia layanan pinjaman uang online untuk segala kebutuhan yang mendesak seperti membayar biaya pendidikana atau pembayaran rumah sakit.

Tak hanya itu, website lending merupakan perusahaan yang memberikan layanan dana untuk berbagai kebutuhan dimana dana langsung diadakan oleh penyedia layanan.

Cara peminjamannya hampir serupa dengan pinjaman dari bank. peminjam langsung mengajukan pinjaman pada perusahaan yang dilakukan secara online. Platform online yang menyediakan pinjaman online dengan jenis website lending diantaranya

Uang Teman

Uang teman mulai beroperasi sejak 2015. Anda bisa meminjam melaui website uangteman.com atau dengan cara mengunduh aplikasi pada telepon genggam Anda.

TunaiKu

TunaiKu merupakan pinjaman KTA yang berasal dari Amar Bank. Dengan menerapkan nominal pinjaman dari 2,5 juta hingga 10 juta dengan masa pinjaman sekitar 6-12bulan.

Peer to Peer Lending

Peer to peer lending adalah suatu sistem yang memungkinkan peminjam dan pendana melakukan proses pinjam meminjam secara online. Yang membedakan adalah peer to peer dilakukan dengan sesama pengguna, bukan berasal dari lembaga resmi seperti bank atau koperasi.

Peer to peer menjadi wadah untuk bertransaksi, baik untuk meminjam sejumlah dana atau mengembangkan usaha. Beberapa website dan platform yang menyediakan jasa peer to peer adalah

ModalKu

Jika Anda memiliki UMKM, Anda bisa menggunakan ModalKu sebagai sarana. Dengan modal pinjaman hingga 2Miliar dengan masa cicilan  dua tahun. Dikarenakan jumlah cicilannya yang besar, proses persetujuan memakan lebih banyak waktu disbanding fintech yang lain.

Koinworks

Mereka menawarkan pinjaman untuk usaha, kesehatan dan pendidikan. Nominal bisa sampai Rp 500 juta dengan tenor cicilan 6 sampai 24 bulan.

Perbedaan Mengajukan Pinjaman Online dan di Bank

Meski proses pengajuan pinjaman yang terbilang mirip, melakukan pinjaman online dan di bank tetap memiliki beberapa perbedaan diantaranya

Proses Pengajuan

Proses pengajuan pinjaman di bank ditujukan langsung terhadap pihak bank, sedangkan pengajuan pinjaman online dilakukan terhadap perusahaan penyedia pinjaman.

Lama Proses

Lama proses pengajuan pinjaman di Bank memakan waktu yang cukup lama, sedangkan proses pinjaman online sangatlah cepat. Hanya memakan waktu kurang dari sehari

Baca Juga: Pelbagai Pinjaman Online Tanpa Jaminan yang Cepat dan Aman

Kelebihan Pinjaman Online

Kelebihan yang didapat dari pinjaman online adalah prosesnya yang mudah dan cepat, serta dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, tingkat pengembalian untuk para investor lebih tinggi.

Kekurangan Pinjaman Online

Meskipun dapat dilakukan secara online, tak jarang juga proses pinjaman yang tetap membutuhkan proses tanda tangan kontrak yang mengharuskan untuk bertatap muka. Selain itu, Anda tetap harus menunggu sampai invetor memilih pengajuan pinjaman Anda.

Melalui penjelasan diatas Anda dapat mengetahui jenis pinjaman mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Pahamilah seluk-beluknya sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here