E-Banking, Fasilitas dan Layanan Bank dalam Segala Media Elektronik

0
41

E-Banking adalah suatu layanan ataupun fasilitas bank yang disalurkan melalui media elektronik. Biasa disebut dengan Electronic Banking, e-Banking ini sangat berguna untuk nasabah yang tidak mempunyai waktu banyak untuk datang ke bank. Dengan menggunakan salah satu layanan bank ini, segala kebutuhan Anda akan terpenuhi dimanapun Anda berada.

Pengertian e-Banking

E-Banking didefinisikan sebagai salah satu cara transaksi bank yang dilakukan melalui eletronik seperti gadget (handphone, tablet, dsb), komputer, bahkan sampai mesin. Istilah ini lebih familiar dengan internet banking, tapi ternyata internet banking adalah salah satu bagian dari E-Banking sendiri.

E-Banking dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah melalui internet banking atau i-banking yang bisa Anda gunakan lewat media komputer atau gadget. Selanjutnya adalah SMS banking dan Mobile Banking dimana Anda bisa sama-sama mengaksesnya dengan gadget. Dan terakhir adalah fasilitas ATM atau Automated Teller Machine. Semua ini sama-sama mempunyai kesamaan untuk mempermudah Anda dalam melakukan transaksi ke bank.

Baca Juga: E-Money, Segala Pembayaran dalam Satu Media Kartu

Manfaat e-Banking untuk Bank Penyedia e-Banking

Layanan dan fasilitas e-Banking teryata telah diperkenalkan kepada nasabah dari beberapa tahun yang lalu menurut Wikipedia.org. Dan sudah banyak konsumen yang merasakan keuntungannya. Selain itu, beberapa bank BUMN sampai bank swasta pun juga merasakan manfaatnya seperti berikut.

  • Business Expansion, pihak bank dapat menyediakan layanan bank dimanapun yang mereka inginkan tanpa perlu menyita waktu nasabah untuk datang ke bank.
  • Customer Loyalty. Dengan adanya e-Banking, pihak bank akan mendapatkan nasabah akan lebih loyal dan nyaman untuk memilih satu bank tertentu.
  • Revenue and Cost Improvement, biaya untuk melakukan transaksi perbankan akan lebih murah dan tidak perlu lagi membuka cabang baru di tempat yang sulit dijangkau.
  • Competitive Advantage. Adanya persaingan yang kompetitif antara bank satu dengan yang lainnya untuk menarik perhatian konsumen.
  • New Business Model, bisnis model baru untuk semua pihak dari bank maupun nasabah bank tertentu.

Manfaat e-Banking untuk Konsumen

Selain bank, konsumen ataupun nasabah bank penyedia e-banking pun juga merasakan banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan e-Banking.

  • Tidak membuang waktu. Karena semua layanan bisa Anda gunakan dimanapun Anda berada seperti lewat mesin ATM, gadget ataupun internet komputer.
  • Aman dan nyaman. Setiap layanan e-Banking tentunya harus sesuai syarat dan ketentuan yang sudah ada dan juga harus terdaftar dengan BI dan OJK.

Jenis-jenis e-Banking

Seperti dilansir dari Wikipedia.org, jenis e-banking terbagi menjadi dua bagian yaitu perbankan daring atau perbankan online dan perbankan bergerak. Contoh perbankan online yaitu internet banking dan ATM. Sedangkan contoh perbankan bergerak yaitu mobile banking, phone banking, dan SMS banking Berikut ini penjelasan layanan e-Banking yang diterapkan di Indonesia.

ATM (Automated Teller Machine)

Sebagai sarana mempermudah layanan nasabah, pihak bank menyediakan sebuah mesin yang berfungsi sebagai teller yang disebut dengan ATM atau Automated Teller Machine. Penyebaran ATM pun sudah hampir menyeluruh sampai ke pelosok daerah. Biasanya ATM sendiri ditemukan di pom bensin besar ataupun minimarket terdekat seperti Indomaret atau Alfa Group.

Internet Banking

Internet telah menjadi bagian sehari-hari dalam hidup kita. Maka dari itu, perbankan pun mengeluarkan layanan internet banking sebagai salah satu fasilitas transaksi pembayaran dengan menggunakan internet. Internet banking lebih unggul daripada ATM karena dapat digunakan di media elektronik bergerak seperti gadget, tablet atau sejenisnya.

Mobile Banking

Sama dengan internet banking, mobile banking juga berguna untuk mempermudah layanan transaksi bank dengan media handphone, tablet atau sejenisnya. Salah satu perbankan bergerak ini sangat fleksibel dan lebih banyak pelayanannya dibandingkan layanan melalui internet banking. Sayangnya, untuk mendaftarkan mobile banking ini, Anda perlu ke bank terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi layanan mobile banking Anda agar segera diaktifkan.

Baca Juga: Tampil Gaya menggunakan Aplikasi Mobile Payment T-Cash

Sms  Banking

SMS atau Short Message Servive atau disebut dengan layanan pesan singkat adalah sebuah layanan yang diterapkan di media telepon genggan untuk mengirim dan menerima pesan menurut Wikipedia.org. Dengan melihat media ini, pihak bank pun tertarik menggunakannya sebagai fasilitas e-Banking yaitu dengan SMS Banking. Sama seperti Internet Banking dan Mobile Banking, layanan ini lebih mudah daripada lewat kantor cabang karena Anda bisa menggunakannya dimanapun.

Phone Banking

Berbeda dengan mobile banking, phone banking adalah layanan e-Banking dengan cara menelepon Call Center bank yang Anda tuju. Walaupun cara ini lebih tradisional atau sudah ketinggalan jaman, tapi cara ini berguna untuk Anda yang masih buta teknologi atau gagap teknologi.

Mudah dan fleksibel, layanan e-Banking ini sangat berguna untuk Anda yang mempunyai jam kerja tinggi. Walaupun pada umumnya Anda harus mendaftarkan layanan e-Banking ini kepada bank yang Anda punya, fasilitas ini diharapkan dapat memperlancar transaksi berbayar Anda dimanapun Anda berada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here