E-Money: Segala Pembayaran dalam Satu Kartu Uang Elektronik

0
49

Apa itu uang elektronik? Seperti yang dilansir Wikipedia.org uang elektronik atau yang biasa kita sebut dengan e-money adalah salah satu fasilitas prabayar yang uangnya disimpan dalam suatu media elektronik. Tertarik tuk mencobanya?

Di era milenial ini, tentunya telah banyak berbagai macam produk elektronik yang kini semakin mudah terjangkau. Apalagi ketika bicara soal pembelian beserta pembayarannya. Telah banyak bank yang menfasilitasi kita dengan berbagai macam cara pembayaran yang mudah dan praktis. Salah satunya adalah uang elektronik atau uang digital.

Baca Juga: Beberapa Situs dan Aplikasi Peminjaman Uang Tanpa Jaminan Online

Pengertian E-Money

Seperti yang telah dijelaskan, e-money adalah fasilitas prabayar yang ada di dalam sebuah media elektronik. Dengan fasilitas ini, segala pembayaran Anda akan lebih mudah karena e-money tidak membutuhkan PIN seperti yang kita gunakan kartu debit atau kartu kredit. Mudah bukan?

Berawal dari bidang kriptografi, seperti yang dilansir dari Wikipedia.org, fasilitas prabayar e-money ini masih dalam skala kecil dan juga lebih sulit untuk diretas. Beberapa kartu yang telah sukses menggunakan fasilitas ini adalah Kartu Octopus dari HongKong yang lalu disusuli oleh Interac dari Kanada. Seperti yang dilansir di Goukm.id, di negara Indonesia sendiri, fasilitas e-money telah ada pada tahun 2009 yang disahkan dalam Peraturan Bank Indonesia no. 11/12/PBI/2009.

Nah, pastinya kini Anda sudah mengerti pengertian e-money. Apakah Anda perhatikan e-money sangat mirip dengan kartu debit? Bentuknya memang sama dengan kartu debit atau kartu kredit, tetapi e-money yang lebih praktis. Lalu, apa perbedaan dari kartu prabayar debit dengan kartu prabayar e-money?

Perbedaan Kartu Debit dengan E-Money

Jika Anda terbiasa membayar dengan kartu debit, mungkin masih belum mengerti perbedaan antara kartu tersebut dengan uang elektronik e-money. Keduanya mungkin memiliki bentuk yang sama. Lalu apa perbedaannya? Berikut adalah beberapa perbedaan kartu debit dengan kartu e-money menurut Wikipedia.org.

Kartu Debit

Kartu Prabayar Elektronik (E-Money)

  • Jumlah uang yang telah kita punya tidak ada dalam kartu.
  • Dana yang sudah dibayarkan sepenuhnya dipegang oleh bank sebelum nasabah melakukan transaksi.
  • Jumlah uang yang kita punya telah tercatat dalam stored value (dalam media e-money).
  • Dana yang sudah dibayarkan sepenuhnya langsung dalam penguasaan konsumen.

Nah, kini Anda sudah mengerti perbedaannya. Ingin tahu manfaat lainnya dari e-money?

Manfaat E-Money

Anda masih belum yakin dengam e-money? Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda nikmati dengan e-money.

Menghindari Uang Lusuh atau Uang Palsu

Sering mendapatkan uang yang lusuh atau curiga dengan uang palsu? Anda tidak perlu khawatir lagi. E-money menyimpan semua uang Anda tanpa harus mengambil uang secara langsung. Seperti men-transfer uang, e-money menyimpan dan memberikan uang kita langsung kepada orangnya.

Uang Ditangan Kita

Anda biasanya menabung? Tentunya, Anda harus menyimpan dan menyetorkan uang Anda ke bank kesayangan Anda. Pastinya Anda harus mendaftarkan diri Anda dulu bukan? Membuat nomor rekening dan sebagainya. Bagaimana jika kita ingin cepat-cepat mengambil uang untuk membayar transportasi umum? Pergi ke ATM?

Dengan e-money, Anda tidak perlu pergi ke ATM atau tergesa-gesa mencari uang receh untuk membayar kendaraan umum Anda. Uangnya tidak perlu Anda tarik dari ATM karena uangnya sudah ada di tangan Anda.

Pembayaran Serbaguna

Perlu bayar angkutan umum? Perlu beli minuman dingin? Apalagi yang Anda perlukan dengan waktu yang sedikit? Anda tidak perlu khawatir lagi. Gunakan e-money sekarang juga. Dengan e-money, Anda bisa membayar semua kebutuhan Anda hanya dengan sekali tap.

Cepat Tanpa Kembali

Sedang cepat-cepat karena rapat? Atau butuh beli minum takut tertinggal Transjakarta? Dengan e-money, Anda akan mendapatkan semua manfaat ini tanpa harus menunggu lama lagi. Cukup keluarkan kartu Anda dan tap pada media pembayarannya, Anda akan langsung cepat mendapatkan yang Anda mau tanpa menunggu kembali atau antrian panjang.

Dimanapun Bisa Isi Ulang (Top Up)

Uang elektronik Anda menipis? Saaatnya Anda mengisi ulang e-money Anda. Tidak perlu khawatir. E-money bisa diisi ulang dimanapun yang Anda mana mau seperti ATM, merchant, mobile banking, dan lainnya sesuai dengan bank yang Anda gunakan.

Anda tidak punya rekening bank dari e-money yang Anda gunakan? Anda bisa mengisi ulang di merchant terdekat seperti Alfamart, Indomaret, Gramedia, dan lainnya. Selain itu, Anda juga menggunakan ATM jika kartu Anda menggunakan logo ATM bersama. Praktis bukan?

Dapat Berpindah Tangan

E-money Anda tidak terpakai lagi? Anda bisa memberikannya kepada orang lain tanpa harus melewati proses apapun. Tanpa identitas diri, tentunya Anda harus lebih waspada dengan kartu elektronik Anda. Walaupun demikian, Anda bisa mempergunakannya kemanapun dan oleh siapapun.

Banyak Hadiah dan Promo Menarik

Apa sih yang membuat e-money menarik? Selain praktis, e-money di beberapa bank tertentu juga menyertakan promo-promo menarik lho. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengeceknya di masing-masing bank yang telah terdaftar menggunakan e-money. Tunggu apa lagi?

Cara Mendapatkan E-Money

Sudah tertarik menggunakan e-money? Saatnya Anda menggunkan uang elektronik yang sedang booming ini. Gunakan fasilitas penyimpanan uang termudah langsung ke tangan Anda sekarang juga. Lalu, bagaimana cara mendapatkannya?

Mudah! Anda bisa membeli e-money di beberapa tempat seperti di bank terdekat (bank yang mempunyai fasilitas e-money) maupun di merchant atau toko retail terdekat. Selain mudah, Anda juga tidak dikenakan biaya tambahan untuk pengisian ulang e-money.

Jenis-jenis E-Money

Dengan berbagai macam manfaat, kini e-money bisa diakses dari bank-bank tertentu sampai merchant terdekat. Berikut beberapa jenis e-money yang telah terdaftar dalam Bank Indonesia.

E-Money dari Bank Mandiri

Mandiri E-Money adalah salah satu layanan kartu Bank Mandiri yang termasuk kartu prabayar multifungsi sebagai pengganti uang tunai untuk pembayaran. Dengan pengisian ulang maksimal Rp. 20 juta perbulan, nikmati berbagai fasilitas pembayaran kemanapun yang Anda mau.

Beberapa transaksi pembayaran yang dapat menggunakan Mandiri E-Money yakni sebagai berikut.

  • Pembayaran Jalan Bebas Hambatan (Toll) di daerah Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, Bali, dan Makassar.
  • Pembayaran Parkir dan TPE (Tempat Parkir Elektronik).
  • Pembayaran Kereta Listrik Commuter Line dan Railink Kualanamu.
  • Pembayaran Transjakarta, Transjogja, dan Batik Solo Trans.
  • Pembayaran SPBU (yang mempunyai logo e-money).
  • Pembelanjaan di toko retail Indomaret dan Alfa Group.
  • Pembayaran di toko, wahana hiburan, dan restoran yang berlogo e-money.

BRIZZI dari Bank BRI

Dengan saldo maskimal sampai Rp 1 juta, uang elektronik BRIZZI dari Bank Rakyat Indonesia ini juga mempunyai banyak promo-promo menarik khusus Anda pengguna kartu BRIZZI. Promo menarik dari mulai makanan, department store, gadget sampai transportasi banyak tersedia sesuai lokasi Anda. Uang elektronik ini bisa jadi salah satu rekomendasi pembayaran Anda.

Selain mudah, Anda juga bisa mendapatkan BRIZZI di kantor Bank BRI maupun merchant terdekat. Top up atau isi ulangnya pun bisa Anda lakukan di ATM BRI terdekat maupun toko retail yang mempunyai tanda BRIZZI.

Tap Cash Bank BNI

Mengikuti kemajuan zaman, Bank Negara Indonesia juga menyediakan layanan uang elektronik atau e-money yang bernama Tap Cash. Salah satu pengganti uang tunai ini mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan uang elektronik lainnya.

Tap Cash memiliki saldo minimum Rp. 1 perak dan maksimum hingga Rp. 1 juta yang sangat cocok untuk Anda yang mempunyai banyak aktivitas pembayaran setiap harinya. Aksesnya juga bisa kemana saja. Berikut beberapa pembayaran yang bisa menggunakan kartu Tap Cash dari BNI.

  • Pembayaran Transportasi Umum (Transjakarta, Commuter Line Jabodetabek, Kereta Bandara Kualanamu).
  • Pembayaran Jalan Bebas Hambatan (Toll) Jabodetabek (Dalam Kota, Jakarta-Tangerang, Meruya-Ulujami, Jakarta Outer Ring Road (JORR), Bogor Selatan (BORR)), dan Non-Jabodetabek (Makassar, Bali-Mandara, Semarang, Surabaya, Medan, Palimanan-Brebes Timur, Palimanan-Purbaleunyi, Cikarang-Purbaleunyi, Cikarang-Palimanan).
  • Pembelanjaan di toko retail Indomaret, Lawson, dan Alfamart.
  • Pembayaran Tiket Masuk Wahana Hiburan (Snowbay Waterpark, The Jungle Waterpark & Jungle Fest, Taman Legenda Wisata Keong Mas, Bojonegoro Funtasy (GoFun), Pesona Waterboom Banjarmasin).
  • Pembayaran Parkir E-Parkir Reska, Terminal Parkir Elektronik DKI-Jakarta dan Area Parkir Bandara Soekarno-Hatta.
  • Pembayaran Kantin UGM Foodpark dan Kantin Universitas Indonesia.
  • Pembayaran Fasilitas Mobil Listrik Institut Pertanian Bogor.
  • Pembayaran lainnya di toko, wahana hiburan, dan restoran yang berlogo Tap Cash BNI.

Flazz dari Bank BCA

Dengan menggunakan teknologi chip dan RFID (Radio Frequency Identification), Bank Central Asia menawarkan fasilitas pembayaran multifungsi dengan Flazz. Berikut beberapa akses pembayaran yang dapat Anda lakukan dengan e-money Flazz.

  • Pembayaran Jalan Bebas Hambatan (Toll) seluruh daerah.
  • Pembayaran Transportasi Umum (Transjakarta, Commuter Line Jabodetabek dan Trans Jogja).
  • Pembayaran SPBU (yang mempunyai logo Flazz BCA).
  • Pembayaran lainnya di berbagai toko, minimarket, supermarket, wahana hiburan, dan restoran yang berlogo Flazz BCA.

Baca Juga: Dapatkan Peminjaman Online Langsung Cair Tanpa Jaminan Selain dari Bank

Sayangnya, saldo minimal yang ditetapkan untuk Flazz ini sebesar Rp. 20.000,00 dan saldo maksimalnya sampai Rp 1 juta. Walaupun demikian, Anda dapat menikmati banyak akses pembayaran yang banyak dan menarik. Ditambah dengan promo yang menggiurkan, dapatkan Flazz di kantor BCA maupun beberapa merchant terdekat di daerah Anda.

Blink dari BTN

Salah satu Bank BUMN ini juga mengeluarkan fasilitas uang elektronik bernama Blink. Dengan teknologi yang sama dengan Bank Mandiri, e-money dari Bank BTN ini juga mempunyai akses pembayaran yang hampir sama dengan bank lainnya.

  • Pembayaran ISS Parking atau secure parking.
  • Pembayaran Transportasi Umum (Transjakarta, Commuterline, Transjogja, dan Batik Solo Trans).
  • Pembayaran SPBU (yang mempunyai logo e-money).
  • Pembayaran lainnya di berbagai toko, minimarket, supermarket, wahana hiburan, dan restoran yang berlogo e-money.

Bagaimana? Lebih mudah dan praktis bukan? Nikmati berbagai manfaat uang elektronik di tangan Anda sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here