Unduh BRI Mobile Banking Guna Kemudahan Transaksi Anda, Berikut Cara Daftar dan Aktivasinya

0
13

BRI Mobile Banking merupakan sebuah inovasi teknologi perbankan dan wujud komitmen dari PT Bank Rakyat Indonesia untuk memberikan layanan yang lebih baik, lebih mudah dan juga lebih praktis bagi nasabah setianya.

Jika sebelumnya ada layanan Internet Banking BRI, yang hanya bisa diakses melalui desktop. Kini nasabah bisa menikmati dan melakukan berbagai aktivitas perbankan langsung dari smartphone. Layanan perbankan yang lebih mudah dan praktis untuk masyarakat modern masa kini.

Baca Juga : M-Banking BCA: Layanan Transaksi Cardless dari BCA

Mengenal Layanan BRI Mobile Banking

BRI Mobile Banking adalah aplikasi yang mengintegrasikan beberapa layanan e-banking BRI sekaligus dapat diakses melalui smartphone atau gawai yang sudah terhubung dengan jaringan internet.

Ada tujuh fitur utama yang bisa diakses melalui aplikasi ini, yaitu Mobile Banking, Internet Banking, Call BRI, Info BRI, e-registration, BRIZZI, dan T-Bank.

Ketujuh fitur tersebut sudah dilengkapi dengan fungsi layanan perbankan masing-masing, yang siap memberikan kemudahan bagi penggunanya. Untuk mengetahui fungsi dan kelebihan dari masing-masing fitur, simak informasi berikut ini.

Mobile Banking

Hampir sama seperti fitur pada m-banking pada umumnya, nasabah dapat mengakses aktivitas perbankan seperti informasi saldo, transfer, isi ulang pulsa provider telpon seluler (pra dan pasca bayar), pembayaran, mocash, pelayanan nasabah, hingga registrasi internet banking.

Ketika menggunakan layanan ini, nasabah akan dikenakan biaya transaksi yaitu berupa pemotongan pulsa untuk setiap SMS notifikasi yang masuk ke smartphone pengguna.

Internet Banking

Berbeda dengan fitur m-banking, jika mengakses transaksi melalui fitur yang satu ini nasabah tidak akan dikenakan biaya atau pemotongan pulsa seluler. Sesuai dengan namanya, layanan e-banking ini bisa diakses dengan memanfaatkan keberadaan internet.

Pada fitur internet banking tersedia menu aktivasi mToken, yang bisa dimanfaatkan nasabah untuk mengganti password dan email, melakukan aktivasi mToken, dan mengunduh internet banking versi mobile.

Selanjutnya ada menu IB Mobile, hanya bisa diakses oleh nasabah yang telah terdaftar di Internet Banking BRI dan telah melakukan registrasi serta aktivasi mToken.

Info BRI

Pengguna aplikasi ini juga dapat memanfaatkan fitur Info BRI untuk mendapatkan berbagai informasi terkait layanan BRI. Nasabah dapat dengan mudah mengetahui informasi lokasi ATM terdekat, kantor cabang maupun merchant EPay.

Selain itu, tersedia pula informasi atau cara untuk mendaftarkan layanan mobile banking dan internet banking BRI.

E-Registration

Calon nasabah bisa dengan mudah mengajukan pembukuan rekening melalui fitur e-registration. Bagi nasabah BRI sendiri, fitur ini bisa digunakan untuk mengajukan aplikasi transaksi penyetoran serta penarikan secara tunai, registrasi CMS, transfer antar rekening atau bank, melakukan registrasi Nomor Eksportir Sawit, pengajuan pinjaman dan informasi kurs.

Call BRI

Layanan informasi serta pusat pengaduan nasabah bank BRI yang bisa diakses secara langsung melalui call center BRI, baik itu melalui telepon atau media sosial.

Brizzi

Brizzi adalah uang elektronik, pengganti uang tunai dan berfungsi sebagai alat pembayaran yang bisa dipakai saat membayar transaksi belanja (purchase) atau transaksi lainnya yang dilakukan di penyedia barang atau jasa.

Melalu aplikasi BRI Mobile, nasabah dapat melihat info kartu, saldo dan history transaksi. Fitur info Brizzi ini hanya bisa diakses oleh pengguna smartphone yang telah memiliki fitur Near Field Communication (NFC).

T-Bank

T-Bank memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan transfer dan tarik tunai, tanpa harus memiliki rekening bank. Produk perbankan yang satu ini memanfaatkan nomor ponsel yang didaftarkan pengguna, sebagai nomor rekening.

Fitur T-Bank yang terdapat pada aplikasi ini hampir menampilkan menu yang sama seperti pada m-banking, ada informasi saldo, kirim uang, isi ulang pulsa ditambah layanan minta kode akses serta cek agen.

Kemudahan Apa Saja yang ditawarkan oleh Aplikasi BRI Mobile?

Sebuah inovasi yang dilakukan oleh setiap institusi pasti memiliki kelebihan yang dapat memudahkan penggunanya. Begitu juga dengan layanan e-banking BRI berbasis mobile ini, salah satunya adalah terdapat layanan mobile dan internet banking yang bisa diakses dalam satu aplikasi.

Dengan begitu, nasabah bisa lebih leluasa dalam mengakses aktivitas perbankan secara praktis dan mudah dari layar smartphone atau gawai. Baik menggunakan jaringan internet (GPRS/EDGE/3G/WIFI) maupun SMS sebagai sarana transaksi. Berikut adalah sejumlah kemudahan dan kelebihan lainnya yang ditawarkan dari aplikasi BRI Mobile:

Terjamin Keamanannya

Setiap transaksi yang dilakukan nasabah melalui BRI Mobile dijamin keamanannya, karena sudah dilengkapi dengan PIN. Khusus untuk pengguna iPhone, untuk bisa mengakses internet banking diperlukan m-Token sebagai prosedur autentikasi.

Adanya Fitur Daftar Pembayaran dan Transfer

Pada aplikasi ini terdapat pula fitur Daftar Pembayaran, yang akan membantu nasabah saat melakukan proses pembayaran tagihan ataupun pembayaran lainnya melalui rekening BRI. Cukup simpan daftar pembayaran di fitur ini dan selanjutnya Ada tidak perlu lagi memasukan data-data yang diperlukan.

Tidak hanya itu, ada pula fitur daftar transfer. Fitur ini akan membantu nasabah yang secara rutin harus mentransfer sejumlah dana ke nomor rekening BRI maupun non-BRI. Jadi proses transfer akan lebih mudah, karena tidak perlu lagi mengisi nomor rekening tujuan yang sama berulang kali.

ATM Locator dan Fitur Notifikasi Transaksi

Terdapat pula fitur ATM Locator yang terhubung dengan GPS, sehingga akan memudahkan nasabah ketika hendak mencari mesin ATM terdekat.

Yang terakhir adalah, adanya fitur notifikasi transaksi. Fitur ini merupakan fitur opsional yang bisa digunakan nasabah untuk menyimpan notifikasi transaksi.

Siapa Saja yang Bisa Menikmati Kemudahan BRI Mobile?

Apakah aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa pun? Tentu tidak, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pengguna untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  • Nasabah bank BRI
  • Memiliki rekening simpanan di BRI (tabungan BRI Britama, tabungan BRI Junior, tabungan Giro BRI, ataupun tabungan BRI Simpedes).
  • Memiliki kartu ATM
  • Menggunakan smartphone Blackberry/Windows Phone/iOS/Android
  • Sudah melakukan¬†registrasi mobile banking dan internet banking melalui ATM dan cabang BRI terdekat

Bagaimana Cara Mendapatkan dan Aktivasi Aplikasi BRI Mobile Banking

Langkah awal adalah mengunduh aplikasi BRI Mobile. Proses unduh aplikasi ini dikatakan berhasil, jika sudah terinstal dan muncul ikon dari aplikasi tersebut pada layar gawai yang Anda gunakan.

Tidak terbatas pada pengguna GSM saja, hampir seluruh provider bisa menggunakan layanan M-Banking BRI ini. Syaratnya, nomor telpon BRI Mobile harus sama dengan nomor Mobile Banking BRI dan Internet Banking BRI yang telah didaftarkan.

Registrasi layanan Mobile Banking BRI dan Internet Banking BRI sendiri dapat dilakukan lewat mesin ATM dan di kantor BRI langsung untuk mendapatkan User ID dan password.

Jika mendatangi unit kantor BRI terdekat, Anda diharuskan membawa kartu identitas, Kartu ATM, buku tabungan, dan mungkin beberapa persyaratan lain sesuai ketentuan. Semua itu harus ditunjukan ke customer service sebagai bukti bahwa nasabah benar-benar pemilik rekening tersebut.

Baca Juga : Mandiri Mobile, Cara Gunakan Fitur dari Mobile Banking Mandiri

Biaya Layanan BRI Mobile Banking

Ketika Anda menggunakan layanan M-Banking BRI, maka akan dikenakan biaya transaksi yang langsung dipotong lewat saldo tabungan. Dan juga pemotongan pulsa untuk setiap notikasi transaksi yang dikirim melalui SMS. Berikut rinciannya:

Jenis TransaksiBiaya
Transfer ke sesama rekening BRIRp 250 per transaksi
Isi ulang pulsa, pembayaran tagihan, dllRp 250 per transaksi
Transfer ke rekening bank lainRp 6500 per transaksi
Notifikasi SMS yang masuk ke HPRp 500 per transaksi

Limit Transaksi BRI Mobile Banking

Tak seperti bertransaksi lewat ATM atau melalui teller BRI, bertransaksi lewat M-Banking BRI biasanya menetapkan batasan atau limit yang lebih rendah untuk sekali transaksi. Berikut rincian limitnya:

Jenis Tabungan/KartuAkumulasi Limit Transfer Antar Rekening BRI Per HariAkumulasi Limit Transfer Antar Bank Per Hari
Britama ClassicMaksimal Rp 1.000.000Maksimal Rp 1.000.000
Britama GoldMaksimal Rp 1.000.000Maksimal Rp 1.000.000
Britama BisnisMaksimal Rp 1.000.000Maksimal Rp 1.000.000
Britama TKIMaksimal Rp 1.000.000Maksimal Rp 1.000.000
SimpedesMaksimal Rp 1.000.000Maksimal Rp 1.000.000
Simpedes TKIMaksimal Rp 1.000.000Maksimal Rp 1.000.000
Simpedes JuniorMaksimal Rp 1.000.000Maksimal Rp 1.000.000

Itu dia seputar informasi tentang layanan BRI Mobile Banking, yang dapat mempermudah aktivitas perbankan Anda. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here