M-Banking BCA: Layanan Transaksi Cardless dari Bank Central Asia

0
20

M-Banking BCA merupakan produk layanan perbankan berbasis digital dari PT Bank Central Asia Tbk. Layanan transaksi digital ini dipersembahkan bank BCA guna mendukung kemudahan transaksi nasabahnya.

Nasabah tidak harus pergi ke bank dan menunggu antrian di depan teller atau ATM, untuk melakukan transaksi perbankan.

Cukup akses melalui smartphone, berbagai transaksi seperti transfer bisa diproses dengan mudah dan cepat. Selain itu, kini pengguna layanan M-Banking BCA juga bisa melakukan tarik tunai dengan sistem cardless (tanpa kartu).

Baca Juga : Peminjaman Uang Cepat menggunakan KTA BCA Payroll Online

Tren transaksi cardless ini tentu sangat membantu dan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM BCA.

Sekilas tentang M-Banking BCA

BCA Mobile adalah aplikasi perbankan yang didesain khusus guna memberikan kemudahan bertransaksi kepada nasabah bank BCA. Selama terkoneksi dengan jaringan internet, nasabah bisa memproses berbagai transaksi perbankan di mana saja dan kapan pun.

Produk M-Banking BCA ini bisa diakses dari berbagai jenis smartphone dengan jaringan GSM. Itu artinya, pengguna operator CDMA tidak bisa menggunakan atau mengakses layanan ini.

Aplikasi ini menampilkan tiga menu utama yaitu M-BCA, KlikBCA, dan InfoBCA. Ketiganya dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat memudahkan nasabah dalam melakukan aktivitas transaksi perbankan.

Kemudahan Transaksi dengan BCA Mobile

Pengguna M-Banking BCA ini seolah-olah memiliki kantor layanan bank di ujung jari. Nasabah bisa melakukan berbagai aktivitas transaksi perbankan dari smartphone langsung.

Mulai dari cek saldo, transfer ke rekening BCA atau bank lain, mengecek histori transaksi, dan lain sebagainya. Di samping itu, masih ada beberapa kemudahan dan keuntungan lain yang bisa nasabah dapatkan dari aplikasi BCA Mobile. Berikut diantaranya:

Mudah dan Praktis

Untuk bisa mengakses layanan ini, nasabah tidak perlu memiliki keterampilan khusus untuk menggunakannya. Menu serta fitur yang tersedia pada aplikasi ini dibuat semudah mungkin, sehingga dapat digunakan oleh berbagai kalangan.

Praktis, karena nasabah bisa melakukan aktivitas transaksi perbankan melalui ponsel. Dimana saja dan kapan pun.

User Friendly

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, fitur serta menu  yang terdapat pada aplikasi m-BCA ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Nasabah hanya perlu memilih jenis transaksi dari menu yang sudah tersedia, sehingga tidak perlu menghafal kode transaksi yang ingin dilakukan.

Nyaman

Seolah memiliki mesin ATM pribadi, beragam aktivitas transaksi perbankan yang bisa dilakukan di ATM bisa nasabah nikmati dalam genggaman. Kecuali tarik tunai. Untuk bisa melakukan tarik tunai, nasabah tetap harus mendatangi ATM BCA terdekat.

Nasabah juga bisa menikmati fitur cardless, di mana saat melakukan penarikan tunai di mesin ATM tidak perlu menggunakan kartu. Cara bertransaksi tarik tunai tanpa kartu ini terbilang mudah.

Nasabah cukup akses aplikasi BCA Mobile pada smartphone, yang telah terhubung dengan rekening tabungan. Akses menu tarik tunai, ikuti prosesnya untuk mendapatkan kode tarik tunai.

Kemudian kunjungi ATM terdekat yang menerima layanan dan menampilkan menu transaksi tanpa kartu. Pilih BCA Mobile, masukkan nomor telepon yang sudah terdaftar dan kode tarik tunai. Dan uang tunai pun bisa langsung diterima nasabah.

Aman

Praktis, nyaman, dan mudah diakes. Apakah keamanannya terjamin? Pihak bank BCA menjamin keamanan transaksi yang dilakukan nasabah melalui m-BCA. Karena sudah dilengkapi dengan sistem proteksi yang maksimal.

Selain menggunakan PIN yang bisa ditentukan oleh nasabah sendiri dan nomor ponsel yang sudah didaftarkan, setiap aktivitas perbankan yang dilakukan juga akan di-encrypt untuk menjamin keamanan transaksi nasabah.

Fitur Unggulan dari m-BCA

m-BCA merupakan salah satu dari tiga fitur menu utama yang ada pada aplikasi BCA Mobile. Pada kesempatan ini, admin hanya akan membahas secara detail tentang penggunaan menu m-BCA. Berikut pejelasannya

Menu m-BCA

Fitur menu yang satu ini menawarkan layanan perbankan yang mudah, praktis, aman, dan tentunya user friendly. Berbagai aktivitas perbankan dapat nasabah nikmati hanya dalam genggaman.

Total ada lima fitur transaksi perbankan yang bisa dinikmati nasabah, yaitu m-Info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce, m-Admin.

Fitur m-Info

m-Info ini akan menampilkan sejumlah informasi yang berhubungan dengan transaksi nasabah. Berikut adalah sejumlah informasi yang dapat diakses oleh nasabah melalui m-Info dan cara menggunakannya.

Informasi Saldo

Berikut adalah cara mendapatkan informasi saldo lewat m-Info:

  1. Pilih menu “m-BCA” pada layar ponsel dan tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Info” dan tekan OK/YES
  3. Pilih “Info Saldo” dan tekan OK/YES
  4. Masukkan PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  5. Tunggu beberapa saat, sampai menerima message yang berisi informasi saldo
Mutasi Rekening

Untuk mengetahui informasi mutasi rekening, nasabah bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Pilih menu “m-BCA” pada layar ponsel dan tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Info” dan tekan OK/YES
  3. Pilih “Mutasi Rek” dan tekan OK/YES
  4. Masukkan PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  5. Tunggu beberapa saat, sampai menerima pesan yang berisi informasi lima transaksi terakhir dari rekening utama yang terhubung ke kartu ATM BCA
  6. Jika memiliki lebih dari satu nomor rekening yang terhubung dengan BCA. Pilih nomor rekening berikutnya dan ulangi langkah keempat di atas untuk melihat informasi lima transaksi terakhir dari rekening yang lain. Atau pilih “selesai” untuk kembali ke layar utama
  7. Nasabah akan dapat mengetahui nama pengirim dana (jika nasabah menerima dana) dan mengetahui nama penerima (jika nasabah mengirimkan dana).
Informasi Kurs

Nasabah juga dapat mengetahui dan mendapatkan informasi kurs pada aplikasi mobile BCA. Berikut cara aksesnya:

  1. Pilih menu “m-BCA” pada layar ponsel dan tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Info” dan tekan OK/YES
  3. Pilih “Info Kurs” dan tekan OK/YES
  4. Masukkan PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  5. Tunggu beberapa saat, sampai menerima message yang berisi informasi kurs TT (telegrafic trasfer) mata uang USD dan SGD yang digunakan untuk transaksi transfer beda mata uang
Info Lainnya

Selain ketiga fitur diatas, berikut adalah beberapa fitur informasi transaksi yang bisa diakses melalui Info Lainnya.

Info Kode Bank & Perusahaan

Fitur m-Info ini juga dilengkapi dengan informasi kode bank, yang akan memberikan kemudahan kepada nasabah saat akan melakukan proses transfer antar bank.

Selain itu, ada juga informasi kode perusahaan yang dapat digunakan pada m-BCA Payment dan m-Commerce. Berikut cara aksesnya:

  1. Pilih menu “m-BCA” pada layar ponsel dan tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Info” dan tekan OK/YES
  3. Pilih “lainnya” dan tekan OK/YES
  4. Masukkan PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  5. Pilih “Kode Bank” untuk transfer ke bank lain atau pilih “kode perusahaan” yang digunakan pada menu m-Payment dan m-Commerce
  6. Masukkan kembali PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  7. Tunggu beberapa saat, sampai menerima informasi tersebut dalam bentuk SMS.
Info Nomor Kupon Undian 

Jika nasabah sering melakukan transaksi pembayaran, pembelian, dan belanja menggunakan produk BCA maka berkesempatan untuk meraih Gebyar Tahapan BCA. Setiap transaksi akan dikenakan kupon. Bagaimana cara ceknya?

  1. Pilih menu “m-BCA”pada layar ponsel dan tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Info” dan tekan OK/YES
  3. Pilih “lainnya” dan tekan OK/YES
  4. Masukkan PIN m-BCA Anda dan tekan OK/YES
  5. Pilih nomer kupon undian
  6. Masukkan kembali PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  7. Tunggu beberapa saat, sampai menerima informasi tersebut dalam bentuk SMS.
Informasi Suku Bunga Tabungan / Deposito Rupiah / Deposito Valas

Untuk mengetahui informasi tersebut, ikuti langkah berikut ini:

  1. Pilih menu “m-BCA” pada layar ponsel dan tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Info” dan tekan OK/YES
  3. Pilih “lainnya” dan tekan OK/YES
  4. Masukkan PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  5. Pilih “sk bunga tab”/“sk bunga dep Rp”/“sk bunga dep va”
  6. Masukkan kembali PIN m-BCA Anda dan tekan OK/YES
  7. Tunggu beberapa saat,sampai menerima informasi tersebut dalam bentuk SMS.

Fitur m-Transfer

Seperti namanya, fitur ini diperuntukan untuk nasabah yang ingin melakukan proses transfer. Baik itu ke sesama bank BCA atau bank lainnya. Berikut cara menggunakannya:

Transfer antar Rekening BCA

Ikuti langkah berikut ini:

  1. Pilih menu “m-BCA” pada layar ponsel dan tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Transfer” dan tekan OK/YES
  3. Pilih “Antar Rek” dan tekan OK/YES
  4. Pilih “Mata Uang (Rp/USD/SGD)” dan tekan OK/YES
  5. Masukkan jumlah uang yang akan ditransfer dan tekan OK/YES
  6. Masukkan nomer rekening tujuan yang akan ditransfer dan tekan OK/YES
  7. Masukkan PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  8. Muncul keterangan “berita” yang dapat diisi/kosongkan
  9. Jika memiliki lebih dari satu rekening yang terhubung dengan m-BCA, pilih nomor rekening yang akan digunakan, kemudian tekan OK/YES
  10. Pastikan data transaksi yang muncul di layar konfirmasi telah benar. Jika benar, tekan OK/YES dan lanjutkan ke no. 11. Jika tidak, diamkan selama beberapa saat sampai message tersebut hilang, secara otomatis transaksi tersebut akan dibatalkan
  11. Masukkan PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  12. Setelah beberapa saat, akan ada SMS yang berisi informasi transaksi transfer berhasil atau gagal.

Untuk transfer ke rekening tujuan valuta asing, wajib memilih tujuan transfer (sesuai pilihan yang tampil di layar ponsel).

Transfer antar Bank

Untuk bisa transfer ke antar bank atau selain bank BCA, ikuti langkah berikut:

  1. Pilih menu “m-BCA” pada layar ponsel dan tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Transfer” dan tekan OK/YES
  3. Pilih “Antar Bank” dan tekan OK/YES
  4. Masukkan “Kode Bank” tujuan dan tekan OK/YES
  5. Masukkan nomor rekening tujuan dan tekan OK/YES
  6. Masukkan jumlah uang yang akan ditransfer dan tekan OK/YES
  7. Masukkan PIN m-BCA dan tekan OK/YES
  8. Pastikan data-data transaksi yang muncul di layar konfirmasi telah benar. Jika benar, tekan OK/YES dan lanjutkan ke no. 9. Jika tidak, diamkan selama beberapa saat sampai message tersebut hilang dan otomatis transaksi tersebut akan dibatalkan.
  9. Masukkan PIN m-BCA Anda dan tekan OK/YES

Setelah beberapa saat, nasabah akan menerima message yang berisi informasi transaksi transfer berhasil atau gagal.

m-Payment

Melalui m-Payment, nasabah dapat melakukan aktivitas pembayaran dengan berbagai macam tagihan. Fitur m-Payment mempunyai pilihan sebagai berikut:

  • Kartu Kredit: Pembayaran tagihan kartu kredit BCA Card, Citibank, Amex dan lain-lain
  • Ponsel   : Pembayaran tagihan ponsel (XL/Xplor, Matrix, KartuHALO)
  • Telkom  : Pembayaran tagihan telepon
  • Lainnya : Pembayaran tagihan internet, pendidikan, asuransi dan lain-lain

m-Commerce

Melalui m-Commerce, nasabah dapat melakukan berbagai macam transaksi pembelian dan pembayaran. Seperti pulsa isi ulang handphone, tiket dan lain-lain. Berikut fitur menu yang terdapat pada m-Commerce:

  • eReload: pembelian pulsa isi ulang prabayar XL/Mentari/simPATI
  • Reksadana: pembelian reksadana (layanan ini untuk sementara belum tersedia)
  • Lainnya: pembelian lainnya (Tiket GARUDA)

m-Admin

Jika nasabah ingin melakukan berbagai transaksi administrasi dapat mengkases menu m-Admin. Berikut transaksi adminitrasi yang bisa diakses:

  • Aktivasi : mengaktifkan layanan m-BCA pada saat pertama kali atau ganti nomor ponsel
  • Ganti PIN : mengubah PIN m-BCA
  • Lainnya : registrasi dan hapus Info Kartu Kredit BCA

Itu dia beberapa fitur transaksi yang bisa nasabah akses melaui menu m-BCA. Akses informasi perbankan, proses pembayaran dan transfer, hingga proses adminitrasi bisa dilakukan melalui fitur menu tersebut.

Bagaimana, tertarik menggunakan aplikasi BCA Mobile? Proses pengunduhan aplikasi beserta aktivasinya pun cukup mudah. Yuk simak penjelasannya.

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Aplikasi BCA Mobile?

Apakah aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa pun? Tentu tidak, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pengguna untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  • Nasabah bank BCA
  • Sudah melakukan registrasi m-BCA melalui ATM atau cabang bank untuk dapat melakukan transaksi
  • Menggunakan smartphone Blackberry/Windows Phone/iOS/Android
  • Tercatat sebagai pelanggan operator GSM

Jika memenuhi persyaratan diatas, angkah selanjutnya adalah memulai proses pengunduhan aplikasi BCA Mobile.

Bagaimana Cara Mengunduh Aplikasi BCA Mobile?

Perlu diketahui, aplikasi ini dapat diunduh melalui smartphone dengan berbagai OS. Seperti Android, iOS, Blackberry, dan Windows Phone.

Berikut langkah pengunduhan aplikasi BCA Mobile dari 4 jenis OS smartphone, sebagaimana yang dikutip dari halomoney.co.id:

Pengguna Android

Nasabah yang menggunakan smartphone Android, bisa mengunduh atau mendownload aplikasi ini melalui tiga pilihan, yaitu:

Situs Resmi Bank BCA

Ada dua situs yang bisa diakses untuk mengunduh aplikasi BCA Mobile. Pertama melalui situs www.klikbca.com, kemudian klik menu ‘BCA Mobile‘.

Dan juga bisa melalui situs bca.co.id, pilih e-banking pada menu ‘Produk & Layanan’. Klik menu ‘BCA Mobile‘ lalu pilih download.

Tunggu beberapa saat, sampai nanti diarahkan langsung ke halaman landing page download BCA. Jika sudah masuk ke halaman tersebut, kemudian klik ‘download‘. Dengan begitu, proses download pun selesai dan bisa langsung di-install.

Google Play Store

Akses ke Google Play Store (Android market), search aplikasi BCA mobile, atau masuk ke kategori Finance lalu pilih Top Free, kemudian temukan BCA Mobile dan pilih.

Khusus bagi pengguna Nokia X, bisa akses ke Nokia Store. Search aplikasi BCA Mobile atau masuk dulu ke kategori Finance, temukan aplikasi BCA Mobile dan pilih.

Android Browser

Nasabah juga bisa akses langsung ke situs klikbca.com pada Android Browser.

Pengguna iOS

Pengguna iPhone atau gadget bersistem operasi iOS bisa mengunduh aplikasi BCA Mobile dengan dua cara, yaitu:

Safari Browser

Masuk ke www.klikbca.com memakai Safari Browser dan klik menu BCA Mobile. Atau bisa juga dengan mengakses situs bca.co.id dan memilih e-banking pada ‘Produk & Layanan’. Kemudian pilih menu BCA Mobile.

Tunggu sampai masuk halaman App Store dan menemukan Kamu akan masuk ke App Store dan menemukan aplikasi BCA Mobile. Klik dowload, untuk mengunduh aplikasi tersebut.

App Store

Cari aplikasi Apps Store dari smartphone iOS yang digunakan, kemudian cari aplikasi BCA Mobile. Atau bisa juga masuk ke kategori Finance, lalu pilih Top Free, kemudian pilih aplikasi dan langsung diunduh.

Dan khusus pengguna PC/MAC, pengunduhan BCA Mobile bisa langsung dilakukan melalui iTunes.

Pengguna Blackberry

Pengguna ponsel dengan OS Blackberry bisa mengunduh aplikasi BCA Mobile dengan tiga cara berikut ini:

Blackberry Browser

Masuk ke www.klikbca.com dengan menggunakan BlackBerry Browser. Kemudian klik menu BCA Mobile. Atau masuk ke bca.co.id, pilih e-banking pada Produk & Layanan. Setelah itu, klik menu BCA mobile lalu pilih menu download.

Jika sudah terunduh, aplikasi BCA Mobile secara otomatis akan disesuaikan dengan jenis BlackBerry yang digunakan.

Bisa juga akses ke BlackBerry App World, search aplikasi BCA Mobile dan dengan cara masuk ke kategori Finance, pilih Personal Banking, kemudian temukan BCA Mobile dan pilih. Atau akses langsung disini pada BlackBerry Browser.

Pengguna Windows Phone

Nah bagi pengguna smartphone berbasis Windows, untuk bisa mengunduh aplikasi BCA Mobile bisa dengan cara:

Internet Browser

Masuk ke www.klikbca.com memakai internet browser dan klik menu “BCA Mobile” atau bca.co.id, pilih e-banking pada Produk & Layanan lalu pilih menu BCA Mobile. Tunggu sampai masuk ke halaman Store, dan klik download BCA Mobile.

Store

Selain itu, bisa juga dengan cara masuk ke Store, ketikan BCA Mobile pada fitur search yang tersedia. Atau masuk ke kategori Personal Finance lalu pilih Top Free, kemudian temukan BCA Mobile dan pilih.

Jika aplikasi BCA Mobile sudah terunduh, maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan aplikasi tersebut. Untuk bisa menggunakannya, harus melakukan aktivasi atau registrasi terlebih dahulu. Bisa melalui Customer Service atau via ATM.

Bagaimana Cara Registrasi dan Mengaktifkan BCA Mobile?

Aplikasi yang telah diunduh, tidak bisa digunakan langsung. Nasabah harus melakukan aktivasi terlebih dahulu untuk bisa menikmati layanan atau fitur yang ada pada aplikasi BCA Mobile.

Ada dua cara, yaitu melalui mesin ATM atau menghubungi Customer Service di cabang bank BCA terdekat. Berikut tahapannya:

Cara Daftar atau Mengaktifkan BCA Mobile Melalui ATM

Melakukan pendaftaran dan aktivasi di ATM memang dinilai lebih praktis dan efisien. Karena nasabah tidak harus mendatangi dan mengantri di cabang BCA terdekat untuk aktivasi akun.

Tidak hanya itu, layanan ATM yang bisa diakses selama 24 jam non-stop. Membuat nasabah bisa melakukan proses pendaftaran dan aktivasi kapan saja. Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut ini:

  • Cari ATM BCA terdekat
  • Masukkan kartu ATM atau Paspor BCA
  • Masukkan PIN ATM seperti biasanya
  • Cari dan pilih menu “Daftar e-banking/Autodebet”. Menu ini biasanya terletak di pojok kiri
  • Muncul sub-menu berikutnya. Temukan dan klik menu “Mobile banking
  • Biasanya layar akan menampilkan informasi tentang proses aktivasi mobile banking dan himbauan kepada nasabah untuk tidak memberitahukan PIN kepada siapapun. Di bawah informasi tersebut, biasanya ada tombol klik ‘Lanjutkan’
  • Isi nomor hp yang akan digunakan untuk transaksi M-Banking
  • Pada layar akan muncul pertanyaan apakah Anda sudah yakin mengisi dengan nomor handphone yang benar. Pilih YA jika sudah.
  • Kemudian isi dan tentukan PIN Mobile Banking BCA yang akan digunakan. Bisa disamakan dengan PIN ATM atau bikin baru lagi. Terdiri dari enam digit
  • Masukkan ulang PIN tersebut dengan benar
  • Layar memunculkan tulisan bahwa proses registrasi Mobile Banking BCA telah sukses.
  • Mesin mengeluarkan struk sebagai bukti.

Cara Daftar atau Mengaktifkan BCA Mobile Melalui Customer Service

Bagi nasabah yang ingin mendaftar dan mengaktifkan BCA Mobile melalui Customer Service (CS), diharuskan mendatangi kantor cabang BCA terdekat. Proses aktivasi melalui CS ini memang tidak fleksibel.

Nasabah hanya boleh melakukan pendaftaran di jam kerja, yaitu antara pukul 07.30 hingga 16.00. Semua proses regitrasi akan dikerjakan oleh CS, nasabah cukup duduk manis sambil menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan.

Dan ada beberapa persyaratan yang harus dibawa, yaitu kartu identitas atau KTP, buku tabungan, kartu ATM/Paspor BCA, dan tentu saja nomor GSM dengan kondisi aktif.

Semua itu harus ditunjukkan ke Customer Service sebagai bukti bahwa nasabah benar-benar pemilik rekening tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Mobile Payment Sakuku dari BCA

Jika Menggunakan Layanan BCA Mobile, Apakah Dikenakan Biaya?

Bila memakai data GPRS/EDGE/3G/WIFI (internet) untuk transaksi, biaya transaksi kurang lebih maksimal 15 kb/transaksi dengan tarif Rp 1 – Rp 10/kb sehingga maksimal biaya sebesar Rp 150/transaksi. Akan tetapi jika menggunakan paket unlimited internet atau BIS Unlimited, tidak dikenakan biaya tambahan.

Adapun untuk langkah inisialisasi aplikasi di awal dan pendaftaran nomor rekening transfer, kamu dikenakan biaya SMS dengan tarif Rp 250 sampai Rp 385 per SMS, tergantung tarif dari operator yang kamu gunakan.

Itu dia penjelasan tentang aplikasi BCA Mobile, yang merupakan salah satu layanan m-banking dari bank BCA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here