Nikmati Kemudahan Bertransaksi dengan PermataNet, Layanan Internet Banking Permata Bank

0
12

PermataNet merupakan layanan internet banking PermataBank yang bisa digunakan nasabah untuk mengakses rekening dan melakukan transaksi perbankan.

Fasilitas perbankan yang satu ini bisa diakses dengan mudah dari dekstop atau PC Anda. Seperti mengecek saldo, transfer dana, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dan lainnya, sebagaimana yang telah ditentukan oleh pihak bank terkait.

Baca Juga : Teknologi Smart CX Permata Mobile

Perkembangan teknologi disertai dengan keberadaan internet telah mengubah sebagian cara masyarakat Tanah Air dalam melakukan transaksi perbankan. Berbagai transaksi dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus pergi ke bank.

Internet Banking PermataBank, Layanan Fleksibel dan Kaya Fitur

PermataNet adalah salah satu layanan unggulan dari PermataBank yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik guna menunjang kemudahan nasabah dalam bertransaksi. Bahkan sudah mengungguli fitur yang dimiliki ATM, kecuali tarik tunai. Berikut adalah sejumlah fitur unggulan dari PermataNet

Informasi

Informasi rekening dan kartu kredit bisa dengan mudah Anda akses melalui PC atau desktop. Mencakup informasi kurs, suku bunga tabungan, saldo rekening, mutasi rekening sampai dengan 90 hari terakhir, dan informasi lainnya.

Transfer Dana

Transfer dana, baik antar rekening PermataBank maupun transfer dana online ke bank lain anggota jaringan ALTO, ATM Berasama, dan Prima. Lalu, transfer dana ke bank lain via LLG/RTGS.

Isi Ulang Pulsa

PermataNet juga menyediakan fitur pengisian pulsa, baik itu pulsa handphone prabayar (tersedian voucher untuk produk simPATI, Kartu As, Mentari, IM3, XL, 3, dan SmartFren).

Anda juga bisa melakukan pengisian pulsa internet {(Biznet Max 3, Biznet MentroNet, IM2 I-Pay) dan top up saldo Go-Jek (GoPay)}.

Informasi Kartu Kredit PermataBank

Informasi kartu kredit juga bisa diakses dari PermataNet. Seperti histori transaksi kartu kredit, transaksi tagihan terakhir, transaksi yang akan ditagihkan, dan cicilan kartu kredit.

E-Statement

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh PermataNet adalah adanya fitur registrasi dan download e-statement.

E-statement (Electronic Billing Statement) adalah print out laporan transaksi tabungan nasabah Permata Bank yang biasa dikirim melalui email.

Fasilitas e-statement jelas sangat memudahkan para pemegang kartu kredit Permata Bank, karena tagihan bulanan datang dengan tepat waktu, tidak berpotensi terlambat seperti saat harus menunggu-nunggu kurir datang.

Meskipun dikirim lewat email, tagihan e-statement ini tetap aman. Tagihan tidak dapat dibuka oleh sembarang orang, karena emailnya dilindungi dengan password. Alamat email dan password ditentukan sendiri oleh pemegang kartu pada saat melakukan proses registrasi.

Pembayaran Tagihan

Pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-commerce bisa dengan mudah Anda akses melalui layanan PermataNet.

Registrasi Autodebet

Pendaftaran pembayaran tagihan yang akan dijalankan secara otomatis dengan mendebet rekening setiap bulan atau pada tanggal tertentu sesuai intruksi nasabah.

Fitur Transfer Scheduler & Recurring Transfer

Tidak akan ada lagi istilah lupa transfer jika menggunakan kedua fitur unggulan PermataNet ini. Anda bisa mengatur proses transfer yang akan dijalankan sesuai dengan tanggal yang diinginkan melalui fitur transfer scheduler.

Dan Anda juga bisa mengatur proses transfer secara berkala, mingguan atau bulanan dengan menggunakan fitur recurring transfer.

Itu dia beberapa fitur unggulan yang ditawarkan PermataNet sebagai layanan internet banking Permata Bank. Selain fitur yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa fitur lainnya yang bisa menunjang kemudahan transaksi perbankan yang Anda lakukan.

Bagaimana Cara Registrasi PermataNet?

Jika Anda tertarik menggunakan layanan PermataNet, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat akan melakukan proses registrasi.

Buka Website PermataNet

Saat akan melakukan proses registrasi, pastikan Anda mengaksesnya langsung dari situs resmi Permata Bank, kemudian cari menu PermataNet. Setelah membuka halaman PermataNet, Anda akan diarahkan untuk melakukan proses login.

Jika belum memiliki akun PermataNet, Anda bisa terlebih dulu melakukan pendaftaran dengan klik link register.

Pilih layanan permata e-banking yang ingin Anda daftarkan, disini ada dua pilihan yaitu layanan PermataNet dan Permata Mobile SMS. Ceklis layanan PermataNet dengan menceklis box di sebelah kiri, kemudian klik tombol registrasi permata e-banking.

Verifikasi Rekening

Masukan nomor rekening, PIN ATM, beserta kode keamanan (captcha) sebagaimana yang disarankan oleh sistem.

PIN hanya bisa diinput melalui dynamic vistual keybord dan jika salah memasukan PIN lebih dari tiga kali, maka proses regitrasi yang dilakukan tidak bisa dilanjutkan. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa menghubungi PermataTel 1500111 untuk melakukan proses unlock registrasi.

Isi Nomor Handphone

Pilih nomor ponsel yang akan digunakan sebagai token (Mobile Token/ SMS Token). Jika nomor ponsel tidak terdaftar di PemataNet, lakukan perubahan data melalui cabang Permata Bank atau PermataTel 1500111.

Mobile token adalah fitur pengaman tambahan berupa program atau software kecil yang diinstal di ponsel pengguna PermataNet yang telah didaftarkan sebebelumnya dan akan digunakan untuk mendapatkan OTP (one time passcode) dari bank.

Hampir sama seperti Mobile Token, hanya saja OTP yang akan diterima pengguna dikirim melalui SMS dengan nomor ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya. Itulah sebabnya, fitur ini disebut SMS Token.

Menyetujui Syarat & Ketentuan

Setelah mengisi nomor ponsel, Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku saat menggunakan layanan PermataNet. Jika setuju, Anda bisa menceklis kotak yang terdapat pada halaman syarat dan ketentuan.

Masukan Kode Registrasi

Anda akan menerima SMS dari 63399 yang berisi kode registrasi. Masukan kode tersebut ke layar PermataNet, untuk melanjutkan proses pendaftaran akun.

Lanjutkan Proses Aktivasi Akun

Buat user ID dan Password, masukan email address dan pilih token untuk otentikasi. Anda bisa menggunakan SMS Token atau Mobile Token untuk melakukan proses otentikasi.

SMS Token           

Konfirmasi bagi Anda yang telah melakukan registrasi dengan menggunakan SMS Token. Anda akan menerima SMS dari 63399 yang memberitahukan layanan PermataNet telah aktif. Kemudian login disitus PermataNet https://new.permatanet.com/permatanet/retail/logon

Mobile Token

Konfirmasi bagi Anda yang telah melakukan registrasi dengan menggunakan Mobile Token. Anda akan menerima SMS dai 63399 yang berisi link URL, buka dan klik tersebut untuk download aplikasi Mobile Token.

Jika tidak menerima link Mobile Token, silahkan kirim SMS ke 3399 dengan format Download<spasi>mobile<spasi>token.

Setelah proses download berhasil, akan muncul ikon Mobile Token di layar ponsel. Klik ikon tersebut untuk membuka aplikasi Mobile Token. Pada saat aplikasi terbuka, secara otomatis akan mengirimkan SMS permintaan activation key.

Masukan enam digit activation key tersebut, kemudian tekan activate yang tertera pada layar ponsel. Tunggu sampai ada konfirmasi bahwa proses aktivasi Mobile Token telah berhasil dilakukan.

Tips Bertransaksi Menggunakan PermataNet

Berikut adalah sejumlah tips aman bertransaksi PermataNet yang bisa Anda terapkan saat mengakses atau menggunakan layanan Internet Banking Permata Bank.

Akses Melalui Website PermataBank

Selalu gunakan situs resmi PermataBank dan klik link login Personal Internet Banking PermataNet. Atau langsung ke halaman login PermataNet https://new.permatanet.com/permatanet/retail/logon

Bookmarks Link PermataNet

Ada baiknya untuk menyimpan alamat situs PermataNet pada menu favorites atau bookmarks. Sehingga akan memudahkan Anda saat ingin mengaksesnya kembali dikemudian hari.

Pastikan Ada Ikon Gembok

Pastikan pada halaman browser ada ikon gembok (kunci) yang terletak di sebelah alamat website PermataNet. Ikon tersebut menandakan bahwa halaman yang Anda akses dienskripsi sehingga tidak bisa dibaca oleh pihak lain.

Jika Anda tidak melihat ikon gembok, segera logout akun dan laporkan kepada PermataTel di nomer 1500111.

Pastikan Akun Sudah Logout

Setelah Anda selesai mengkases atau melakukan transaksi melalui PermataNet. Pastikan bahwa akun yang digunakan telah logout.

Hindari Akses PermataNet di Warnet

Untuk keamanan akun PermataNet yang Anda gunakan, sebaiknya tidak mengakses layanan internet banking tersebut di warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya.

Ganti Password dan PIN Mobile Token Secara Berkala

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda rutin menggani password dan PIN Mobile Token.  Anda bisa menggunakan kombinasi huruf dan angka (alfanumerik) saat mengganti password.

Jangan pernah memberikan password dan PIN akun Anda kepada orang lain. Ketika mengetikan password di PermataNet pastikan tidak ada yang melihatnya. Hindari akses akun PermataNet dengan memasukan password pada komputer yang tidak dipercaya.

Baca Juga : Mobile Banking, Layanan e-Banking untuk Semua Smartphone dan Tablet

Waspada Upaya Penipuan

Kenali modus-modus penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas PermataBank melalui telepon atau email, yang menanyakan data pribadi. Termasuk login ID, password, dan PIN Mobile Token maupun kode respon SMS Token.

Demikian penjelasan PermataNet yang merupakan layanan internet banking PermataBank yang akan membantu Anda dalam melakukan transaksi perbankan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here