Tabungan Digital, Cara Mudah Menabung di Era Modern

0
33

Anda belum memiliki rekening tabungan? Siap-siap Anda akan tergeser oleh kemajuan sistem transaksi online seperti tabungan digital. Anda akan kesulitan berbelanja karena sekaran semua sistem menggunakan sistem transfer.

Rekening tabungan memang awalnya hanya digunakan untuk menabung saja. Kini, fungsinya sudah beragam, mulai dari tabungan hingga transaksi penerimaan atau pembayaran gaji, serta jual beli.

Baca Juga: Tabung Uang tanpa Bunga dengan Uang Digital Tap Cash BNI

Menabung memang cenderung dimaksudkan untuk menyimpan uamng di bank, bukan untuk tujuan investasi. Dengan sistem tabungan seprti itu, maka setiap bulannya aka nada biaya transaksi yang harus Anda bayar melalui potongan di saldo rekening Anda.

Bagi yang belum memiliki rekening tabungan, Anda tak perlu lagi repot-repot untuk datang ke kantor cabang. Anda hanya perlu menggunakan handphone dari rumah dan semuanya dapat dilakukan melalui handphone Anda. Layanan ini dinamakan Tabungan Digital.

Tabungan digital termasuk kedalam bagian kemajuan teknologi di era digital. Tabungan digital juga bisa dikatakan sebagai layanan finansial modern. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin banyak, hadirlah layanan menabung yang mudah dan prakstis secara online.

Pengertian Tabungan Digital

Tabungan digital adalah tabungan yang sama seperti tabungan konvensional. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan uang. Namun, yang membedakan dari tabungan konvensional adalah tabungan digital yang menggunakan inovasi terbaru dengan layanan digital.

Anda hanya perlu mengakses tabungan melalui browser pada laptop ataupun handphone jika ingin mengetahui saldo rekening maupun melakukan jenis transaksi lainnya. Layanan tersebut disesuaikan dengan fitir perbankan konvensional serta sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.

Manfaat Tabungan Digital

Tabungan digital saat ini masih diperuntukkan sebagai sarana penyimpanan dan pembayaran uang nasabahnya. Dilansir dari kreditgogo.com, beberapa bank atau fintech memberikan beberapa layanan lain yang cukup menarik untuk bisa Anda gunakan diantaranya

Membuat Tabungan dengan Nilai dan Waktu yang Sudah ditentukan

Anda bisa membuat program tabungan sesuai dengan nilai dan waktu yang sudah Anda tentukan. Fitur ini sama dengan tabungan berjangka konvesional, yang berfungsi untuk menghimpun dana dengan tujuan khusus. misalnya seperti membeli barang, tabungan Pendidikan ataupun sekadar persiapan dana liburan.

Dalam hal ini, bunga yang ditaarkan lebih besar dibandingkan tabungan konvensional. Bunganya sekitar 5% per tahun. Sedangkan tabungan konvensional biasanya tidak lebih dari 3%.

Tabungan Sebagai Alat Penampung Dana

Anda bisa menggunakan tabungan ini sebagai alat penyimpan dana yang diguanakan sebagai pembayaran elektronik. Proses ini dilakukan dengan cara mentransfer sejumlah dana yang sudah dipersiapkan ke rekening digital yang Anda miliki.

Cara Membuka Tabungan Digital

Cara membuat tabungan digital hampir mirip dengan cara membuka tabungan konvensional. Hanya saja pembuatan pada tabungan digital tidak perlu dilakukan di bank terkait. Anda hanya perlu mengisi formulir berupa data diri melalui aplikasi atau website yang sudah disediakan oleh layanan, dan sesuaikan dengan KTP dan NPWP agar memudahkan proses persetujuan.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode verifikasi dan nomor akun virtual yang berguna untuk melakukan setoran awal tabungan. Tak perlu khawatir, karena beberapa tabungan digital ada juga yang tidak menerapkan setoran awal.

Setelah prosesnya selesai makapihak bank akan mengirimkan pemberitahuan melalui email yang sudah terdaftar. Anda hanya tinggal meunggu pihak bank mengirimkan kartu debitnya ke alamat Anda.

Jenis Tabungan Digital di Indonesia

Layanan tabungan digital yang dikeluarkan oleh bank pasti akan memiliki perbedaanya masing-masing. Tidak hanya menabung, tabungan digital bisa membatasi pengeluaran Anda secara oiptimal. Berikut tabungan digital yang ada di Indonesia

Jenius

Jenius adalah tabungan digital yang dikeluarkan oleh pihak bank BTPN. Untuk membuat tabungan digital ini hanya perlu mengunduh aplikasi dan mendaftar secara online. Pihak jenius akan meminta Anda tanda tangan sekaligus mengantarkan kartu ATM.

Tabungan BTN Cermat

Sama seperti Jenius, tabungan BTN Cermat adalah tabungan yang tidak memiliki kantor fisik. Tabungan nantinya hanya menggunakan kartu dan tidak menggunakan buku tabungan. Selain itu, tabungan ini juga terbebas dari biaya admintrasi. Melakukan transaksinya pun sama, hanya perlu menggunakan ponsel seperti mobile banking.

Tabungan Woke

Tabungan digital yang satu ini merupakan produk dari Bank Bukopin. Memiliki dua tipe yaitu registered dan unregistered. Untuk tipe registered, Anda bisa menyimpan di server bank Bukopin. Sedangkan untuk tipe unregistered seluruh transaksi dapat dilakukan melalui e-wallet.

Baca Juga: Syarat dan Cara Penggunaan Internet Banking Mandiri

Tyme Digital Banking

Layanan tabungan digital ini dikeluarkan oleh Bank Commonwealth yang menghadirkan terobosan baru berupa proses pembuatan rekening yang sangat singkat. Hanya memerlukan waktu sektar 10-15 menit.

Tabungan digital ini berbeda dengan tabungan digital lainnya karena membutuhkan mesin yang bernama tyme digital. Nasabah perlu membawa KTP dan NPWP yang nantinya akan dipindai atau scan. Setelah itu rekening Anda sudah siap termasuk kartu ATM yang langsung aktif.

Jadi, mulai sekarang tidak ada lagi alasan untuk menunda-nunda menabung. Segala kemudahan telah ditawarkan untuk Anda. Dengan menabung, Anda akan terlatih untuk mengontrol keuangan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here