Lima Layanan Keuangan Digital untuk Masyarakat Zaman Now

0
22

Perkembangan tekonologi masa kini telah memberikan kemudahan dari berbagai aspek termasuk layanan perbankan. Dengan layanan keuangan digital, nasabah semakin mudah melakukan transaksi melalui telepon genggam atau smartphone.

Nasabah tidak perlu repot-repot pergi dan mengantri di sejumlah lembaga perbankan atau menggunakan layanan ATM, hanya untuk melakukan transaksi keuangan. Bahkan, kini pembukaan rekening pun sudah bisa dilakukan secara online melalui e-banking dan tabungan digital.

Baca Juga : E-Banking, Fasilitas dan Layanan Bank untuk Segala Media Elektronik

Cukup menggunakan smartphone atau komputer, nasabah bisa menikmati dan melakukan berbagai macam transaksi keuangan.

Tidak hanya itu, layanan sistem cashless juga kini sedang populer di beberapa kalangan masyarakat, terutama generasi milenial. Cashless adalah metode pembayaran secara non-tunai, di mana penggunanya tidak harus mengeluarkan uang cash saat melakukan transaksi.

Awal Kemunculan Finansial Modern

Awalnya program finansial modern ini ditujukan untuk masyarakat unbanked, yaitu mereka yang tidak memiliki rekening bank atau akses ke layanan perbankan. Terutama yang tinggal di pelosok daerah atau pedesaan dan tidak terjangkau oleh bank.

Minimnya infrastruktur keuangan serta sulitnya persyaratan kepemilikan rekening bank yang harus mereka penuhi menjadi pemicu hal tersebut.

Maka dari itu, pihak Bank Indonesia (BI) mengusulkan untuk mengadakan layanan finansial modern yang tidak mengharuskan nasabahnya pergi ke bank untuk membuka rekening atau melakukan transaksi keuangan.

Layanan ini tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat unbanked saja. Berbagai golongan masyarakat, yang ada di kota maupun di desa, sudah bisa memanfaatkan keberadaan layanan keuangan modern.

Lima Layanan Finansial Modern

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui layanan finansial modern saat ini dapat menyimak penjelasan berikut.

E-Money

E-Money adalah salah satu layanan cashless atau non-tunai yang memudahkan penggunanya saat melakukan transaksi, tanpa harus mengeluarkan uang cash.

Kemudahan penggunaan E-Money ini bisa dirasakan langsung saat membayar transportasi berbasis online atau melakukan pembayaran di berbagai pusat perbelanjaan, pom bensin, dan lain sebagainya.

E-Money sendiri hadir dan mulai diperkenalkan kepada masyarakat tanah air pada tahun 2009. Sebagai sebuah alat pembayaran non-tunai yang memiliki nilai uang yang tersimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip.

Penyedia layanan E-Money ini tidak hanya lembaga perbankan saja, akan tetapi beberapa provider seluler pun kini mulai menawarkan sistem pembayaran cashless ini.

Berdasarkan bentuk fisiknya, ada dua jenis E-Money yang dapat digunakan masyarakat. Pre-Paid Card dan E-Wallet. Meskipun berbeda, tapi keduanya memiliki fungsi yang sama. Yaitu sebagai alat pembayaran dengan sistem non-tunai.

Pre-Paid Card

Pre-Paid Card adalah salah satu layanan E-Money dalam bentuk kartu, yang di keluarkan oleh sejumlah lembaga perbankan yang telah mengantongi izin dari Bank Indonesia.

Kartu E-Money ini bisa didapatkan dengan mudah tanpa harus mensyaratkan penggunanya untuk memiliki rekening bank. Maksimal saldo yang disimpan pada kartu E-Money ini sebesar satu juta untuk jenis kartu unregistered (tidak terdaftar), dan lima juta untuk jenis kartu registered (terdaftar).

Saat ini, tercatat kurang lebih ada sembilan layanan penyedian E-Money yang ada di pasar, yaitu Flazz BCA, E-Money Mandiri, Brizzi BRI, Tap Cash BNI, Blink BTN, Mega Cash, Nobu E-Money, JakCard Bank DKI dan Skye Mobile Money terbitan Skye Sab Indonesia.

E-Wallet (Dompet Elektronik)

Berbeda dengan jenis Pre-Paid Card yang menggunakan kartu, layanan ini menawarkan sistem pembayaran cashless berbentuk E-Wallet atau dompet elektronik. Layanan ini tidak hanya disediakan oleh lembaga perbankan, melainkan juga oleh beberapa provider seluler atau operator telekomunikasi.

Berikut adalah sejumlah penyedian layanan E-Wallet, T-Cash Telkomsel, XL Tunai, Rekening Ponsel CIMB Niaga, BBM Money Permata Bank, DOKU, dan lain sebagainya.

Rekening Ponsel

Layanan finansial modern yang kedua adalah rekening ponsel. Cukup dengan menggunakan nomer ponsel, Anda sudah bisa membuka rekening tabungan.

Layanan ini menawarkan kemudahan bertransaksi. Baik itu transfer, tarik tunai, sampai shopping, bisa dilakukan melalui smartphone dengan nomer telpon yang sudah terdaftar.

Bagaimana Cara Membuka Rekening Ponsel

Salah satu lembaga keuangan yang membuka layanan rekening ponsel adalah CIMB Niaga. Pendaftaran rekening ponsel dapat dilakukan oleh nasabah maupun non-nasabah CIMB Niaga. Satu nomer ponsel hanya berlaku untuk satu rekening.

Anda bisa langsung mendatangi CIMB Niaga terdekat untuk melakukan regestrasi, dengan membawa identitas diri yang masih berlaku. Disana Anda akan dibuatkan User ID beserta password agar bisa menggunakan layanan rekening ponsel.

Anda bisa mengaktifkannya secara langsung melalui aplikasi GoMobile, yang bisa di download melalui App Store atau Play Store dari smartphone Anda. Untuk Operating System Windows sementara ini belum menyediakan layanan tersebut. Begitu fitur aktif, maka secara otomatis rekening ponsel akan aktif.

Keuntungan Menggunakan Rekening Ponsel

Salah satu keuntungan yang ditawarkan rekening ponsel adalah tidak dikenakan biaya administrasi dan bunga. Saldo pada rekening ponsel akan tetap utuh sampai kapan pun selama tidak ada proses transaksi yang dilakukan. Berikut adalah beberapa keuntungan lain dari layanan rekening ponsel:

Tanpa Syarat Saldo Minimum

Seluruh isi rekening atau saldo yang mengendap pada rekening ponsel bisa Anda ambil semuanya tanpa tersisa. Berbeda dengan produk rekening tabungan bank biasanya, dimana harus menyisakan saldo minimal anatara Rp 20.000 hingga Rp. 100.000. Tergantung kebijakan setiap bank.

Anda tidak perlu khawatir rekening akan ditutup atau non-aktif. Jika sisa saldo yang tersisa nol rupiah, rekening ponsel akan tetap aktif atau tidak dalam keadaan freeze (dibekukan).

Tidak Memerlukan Kartu ATM

Fungsi lain dari rekening ponsel ini adalah sebagai pengganti kartu ATM. Pastikan nomor ponsel yang didaftarkan ke rekening ponsel dalam kondisi aktif. Untuk melakukan penarikan tunai, kunjungi gerai ATM terdekat.

Masukan pin rekening ponsel dan pilih menu rekening ponsel. Kemudian masukan jumlah nominal yang akan ditarik. Tunggu sampai sistem mengeluarkan passcode yang akan muncul langsung dilayar ponsel Anda. Masukan passcode dan uang sudah bisa Anda terima.

Kemudahan Pembayaran Tagihan dalam Satu Transaksi

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh rekening ponsel ini adalah bisa membayar semua tagihan seperti tagihan kartu kredit, angsuran, premi asuransi, layanan TV kabel, telpon dan lain sebagainya.

Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi ATM terdekat, cukup menggunakan handphone yang sudah terdaftar rekening ponsel. Anda sudah bisa membayar semua tagihan tersebut.

Lebih Terjamin Keamanannya

Anda tidak perlu khawatir dengan sistem keamanan rekening ponsel, karena sudah dilengkapi dengan sistem PIN layaknya transaksi ATM atau e-banking. Setiap transaksi yang dilakukan melalui rekening ponsel ini hanya bisa dilakukan dengan passcode dan PIN.

Tabungan Digital

Meski dalam penggunaanya sama-sama menggunakan smartphone, layanan digital yang satu ini berbeda dengan rekening ponsel, m-banking, maupun e-banking.

Tabungan digital ini merupakan salah satu produk perbankan yang memberikan kemudahan kepada nasabahnya, tanpa harus datang ke bank untuk membuka atau memiliki rekening.

Bagaimana Cara Membuka Tabungan Digital

Proses pembuatan rekening berbasis tabungan digital ini cukup mudah. Hampir sama seperti pembuatan rekening bank konvensional lainnya, yang membedakan adalah pendaftaran atau pembukaan rekening tidak harus dilakukan di bank yang bersangkutan

Anda bisa dengan mudah melakukan pendaftaran melalui website, kemudian isi formulir yang telah disediakan oleh penyedia layanan. Pastikan data diri yang Anda isi pada form tersebut sesuai dengan KTP, agar lebih valid dan memudahkan proses persetujuan.

Jika form yang diajukan disetujui oleh pihak bank, maka akan ada kode verifikasi dan nomor akun virtual untuk digunakan saat melakukan setoral awal tabungan. Kebijakan setoran awal ini bergantung pada kebijakan setiap lembaga perbankan. Ada yang memberlakukan setoran awal ada juga yang tidak.

Jika prosesnya sudah selesai, pihak bank terkait akan mengirimkan notifikasi melalui email yang sudah terdaftar. Kemudian pihak bank akan mengirim kartu debit atau kartu ATM ke alamat yang tercantum, dan Anda telah resmi menjadi pengguna tabungan digital.

Pilihan Tabungan Digital di Indonesia

Berikut adalah beberapa produk tabungan digital yang ditawarkan oleh sejumlah lembaga keuangan perbankan yang ada di Indonesia.

Jenius

Produk perbankan yang satu ini merupakan layanan tabungan berbasis digital yang ditawarkan oleh bank BTPN. Anda bisa mengunduhnya langsung melalui App Store atau Play Store, kemudian daftarkan diri Anda secara online.

Setelah melakukan proses pendaftaran, pihak bank akan mengantarkan kartu ATM dan meminta tanda tangan Anda secara langsung dengan mengunjungi rumah Anda. Jadi Anda tidak harus pergi ke bank terkait untuk melakukan aktivasi tabungan digital.

Tabungan Woke

Tabungan woke merupakan layanan tabungan digtal yang dikeluarkan oleh bank Bukopin. Ada dua tipe yaitu registered dan unregistered.

Tipe registered adalah jenis tabungan digital yang disimpan di server Bank Bukopin. Sedangkan untuk tipe unregistered, seluruh transaksi Anda dapat digunakan lewat E-Wallet atau biasa disebut dompet elektronik.

Itu dia beberapa layanan tabungan digital yang ditawarkan oleh sejumlah lembaga keuangan. Selain Jenius dan Tabungan Woke, masih banyak layanan tabungan digital lainnya.

Pinjaman Online

Anda membutuhkan dana cepat untuk modal usaha? Pinjaman berbasis online ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Berbeda dengan biasanya, layanan finansial modern yang satu ini tidak mengharuskan Anda untuk bertatap muka dengan pihak peminjam. Proses pinjaman bisa dilakukan secara daring atau online.

Anda bisa langsung mengakses situs website lembaga keuangan terkait, untuk melakukan proses atau mengajukan aplikasi pinjaman. Dana pinjaman yang ditawarkan pun beragam, tanpa harus memberikan jaminan.

Berikut ini beberapa rekomendasi situs pinjaman modal usaha yang terpercaya dan dijamin keamanannya:

UangTeman.com

UangTeman.com merupakan situs layanan pinjaman online yang dibuat oleh PT. Digital Alpha Indonesia. Bagi Anda yang berencana melakukan peminjaman online lewat situs yang satu ini, jangan khawatir. Karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia.

Jumlah dana pinjaman yang ditawarkan beragam, mulai daru satu juta hingga tiga juta rupiah. Dengan masa pelunasan atau waktu pembayaran adalah tiga puluh hari.

Berikut adalah persyaratan yang harus Anda penuhi saat akan melakukan pinjaman online melalui situs UangTeman.com:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia 21 hingga 65 Tahun
  • Punya pekerjaan atau penghasilan

Kredina

Kredina merupakan layanan pinjaman online milik PT. Kredina Jaya Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jumlah pinjaman uang yang ditawarkan mulai dari lima ratus biru hingga dua juta setengah, dengan jangka waktu pelunasan hingga tiga puluh hari.

Tokopedia

Sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesa, Tokopedia juga menyediakan layanan pinjaman sejumlah dana secara online. Anda tidak harus menyertakan jaminan agar bisa melakukan proses pencairan dana.

Dalam prosesnya, Tokopedia bekerjasama dengan sejumlah lebaga keuangan yang ada di Indonesia seperti DBS, BFI Finance, Standard Chartered, temankredit, CIMB, Adira dan lembaga keuangan lainnya.

Laku Pandai

Layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif atau lebih dikenal dengan sebutan Laku Pandai ini merupakan produk keuangan online yang dimiliki oleh OJK.

Baca Juga : Layanan Keuangan (Laku Pandai) dari OJK

Program ini ditujukan untuk dapat menjangkau dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang mungkin belum merasakan layanan keuangan. Untuk bisa merasakan layanan ini, Anda tidak harus datang langsung ke bank. Anda bisa langsung mendatangi sejumlah agen resmi yang telah ditunjuk oleh OJK.

Itu dia beberapa produk layanan keuangan digital yang banyak digunakan masyarakat modern saat ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here