Layanan Keuangan Tanpa Kantor (Laku Pandai) dari OJK

0
30

Saat ini finansial telah memiliki banyak layanan modern. Salah satunya yakni adalah Laku Pandai. Otoritas Jasa Kuangan telah meluncurkan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor untuk keuangan inklusif atau yang disingkat menjadi Laku Pandai.

Dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id, Laku Pandai akan mengubah indutrsi perbankan di Indonesia. Nantinya, Laku Pandai akan menjadi game changing untuk para institusi dan life changing untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Dapatkan Seluruh Layanan Bank dalam Aplikasi Bank Digital Jenius

Pengertian Laku Pandai

Laku Pandai adalah layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang memungkinkan masyarakat membuka rekening tabungan, menarik dana melalui perantara agen bank.

Program Laku Pandai merekrut masyarakat untuk menjadi agen bank di daerahnya. Bank akan menawarkan kepada siapa saja yang berminat menjadi agen mereka  dengan cara membuat bank di rumah. Agen Laku Pandai bisa dalam bentuk perorangan atau badan hukum yang bekerja ssama dengan bank penyelenggara.

Fungsi Laku Pandai

Agar Semua Masyarakat Mendapatkan Pelayanan Perbankan

Masih banyak sekali masyarakat yang belum mengenal layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya. Kendala tersebut dikarenakan lokasi perbankan yang jauh dari tempat tinggal atau persyaratan biaya yang memberatkan.

Terwudnya Keuangan Inklusif

OJK dan industri perbankan lainnya berkomitmen untuk mendukung terwujudnya keuangan inklusif

Brancless Banking

Saat ini pemerintah sedang merencanakan program yang disebut dengan branchless banking. Brancless banking perlu dikembangkan agar kemungkinan layanan perbankan dan layanan keungan lainnya dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat 

Tujuan Laku Pandai

Program Laku Pandai bertujuan untuk menyediakan produk keuangan yang sederhana, mudah dipahami dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat. Laku Pandai juga diharapkan dapat melancarkan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomu dan pemerataan pembangunan terutama di desa.

Syarat Menjadi Agen Laku Pandai

  1. Berstatus sebagai penduduk setempat dan dikenal baik oleh msyarakat sekitar
  2. Calon agen harus menjadi nasabah bank yang bersangkutan minimal selama dua tahun
  3. Mempunyai usaha yang telah berjalan selama minimal dua tahun
  4. Memiliki kemampuan, kredibilitas, reputasi, dan integritas yang baik.
  5. Tidak boleh mengalami keterlambatan pembayaran cicilan kredit selama enam bulan terkhir.
  6. Syarat administrasi seperti KTP dan KK

Baca Juga: SMS Banking, Layanan Perbankan dalam Satu Genggaman Gadget

Manfaat Menjadi Agen Laku Pandai

Sama seperti karyawan bank pada umumnya, agen Laku Pandai juga akan mendapatkan gaji dalam bentuk fee bertransaksi. Fee berasal dari setiap transaksi yang dilakukan dan besarnyapun berbeda-beda sesuai dengan kebijakan dari masing-masing bank. Fee juga dibedakan berdasarkan bank yang Anda gunakan sebagai agen.

Mekanisme Kerjasama Bank dan Agen

Masing-masing bank mempunyai mekanisme kerja yang sesuai dengan kebijakan masing-masing. Namun secara umum tetap mangacu pada ketentuan dari OJK. Menjadi agen laku pandai diharapkan dapat meningkatkan jumlah transaksi di masyarakat, sehingga meningkatkan tabungan murah dan pinjaman mikro serta mendorong pertumbuhan kredit yang cukup signifikan.

Selain itu agen laku pandai jua memiliki aktivitas yang sama seperti pegawai bank pada umumnya. Seperti membantu masyarakat membuka rekening tabungan baru, menerima setoran, melakukan penarikan dana tunai, mengucurkan kredit mikro kepada masyarakat, serta menjual produk keuangan lainnya.

Produk Laku Pandai

Laku Pandai mempunyai tiga produk, yaitu Tabungan dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA), Kredit atau Pembiayaan kepada Nasabah Mikro dan produk keuangan lainnya seperti Asuransi Mikro.

Basic Saving Account (BSA)

Basic Saving Account merupakan produk Laku Pandai yang pertama. Memiliki karakteristik yang berbeda dari produk lainnya. Karakteristik BSA adalah tidak memiliki batas minimun, baik saldo maupun transaksi setor tunai

Batas minimun saldo dan transaksi debet rekening ditetapkan bank, namun tidak melebihi batar yang ditetapkan oleh Peraturan OJK, yaitu maksimum saldo Rp20 juta dan transaksi debet kumulatif sebulan maksimum Rp5 juta. Meskipun begitu, dalam kondisi bencana alam, bank penyelanggara dapat mengizinkan nasabah melakukan transaksi debet rekening melibihi batas maksimum.

Selain itu, Bank Saving Account juga tidak ada biaya administrasi bulanan, biaya penutupan dan pembukaan rekening, serta transaksi kredit rekening.

Kredit atau Pembiayaan Mikro

Kredit atau Pembiayaan Mikro bertujuan untuk membiayai kegiatan usaha produktif seperti pertanian dan perkebunan. Serta kegiatan lain yang mendukung keuangan inklusif seperti melahirkan, pengobatan, dan kedukaan.

Pihak yang dapat mengajukan permohonan kredit mikro adalah semua orang yang menjadi nasabah tabungan BSA minimal enam bulan. Jika ada nasabah yang kurang dari enam bulan ingin mengajukan permohonan, permohonan dapat diproses asalkan bank yakin terhadap kelayakan dan kemampuan keuangan calon debitur untuk mengembalikan kredit.

Baca Juga: Kredivo: Pinjaman Kredit Cepat Tanpa Gunakan Kartu Kredit

Asuransi Mikro

Asuransi mikro merupakan produk asuransi untuk memproteksi masyarakat yang berpenghasilan rendah, dengan premi yang ringan. Seperti kesehatan, kebakaran, dan kecelakaan.

Demi kenyamanan transaksi, baik agen maupun nasabah Laku Pandai wajib memiliki pemahaman mengenai bank dan produk bank. Apalagi jika Anda berniat untuk menjadi agen Laku Pandai.

Kemampuan membuat pembukuan secara sederhana, dan kemampuan menempatkan jaminan. Itulah beberapa hal mengenai Laku Pandai yang bisa menambah wawasan Anda serta menambah penghasilan bagi Anda yang berminat menjadi agen Laku Pandai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here