SMS Banking, Layanan Keuangan dalam Genggaman Gadget

0
25

SMS Banking merupakan salah satu layanan e-Banking yang disediakan oleh lembaga keuangan tertentu untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi. E-Banking sendiri terdiri dari beberapa macam seperti Internet Banking, Mobile Banking, serta SMS Banking. Menurut bisnis.liputan6.com walaupun layanan keuangan ini lebih terbatas daripada layanan e-Banking lainnya, Anda dapat menggunakan SMS Banking tanpa menggunakan internet.

Apakah SMS Banking lebih baik daripada layanan e-Banking lainnya? Tentunya tergantung pemakaian Anda sendiri. Biasanya pemakaian SMS Banking lebih aman karena tidak menggunakan layanan internet. Berikut beberapa manfaat secara umum dari SMS Banking yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Internet Banking, Pengertian serta Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking

Manfaat SMS Banking

Layanan e-Banking berbasis SMS atau Short Message Service ini tentunya lebih mudah dan banyak manfaatnya dari pada harus pergi ke ATM atau kantor cabang bank. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari SMS Banking.

Bisa digunakan di setiap tipe Handphone

SMS Banking menurut Wikipedia.org merupakan jenis layanan perbankan bergerak yaitu layanan perbankan yang dapat diakses langsung dengan menggunakan telepon seluler berbasis GSM. Dengan begini, Anda bisa menggunakan segala tipe handphone, smartphone, atau semacamnya yang menggunakan GSM atau Global System for Mobile Communications.

Tidak Perlu Koneksi Internet

Yang biasanya harus menggunakan kuota internet untuk bertransaksi, SMS Banking hanya memerlukan kuota pulsa Anda saja untuk mengirimkan informasi SMS Banking. Pastikan kuota Anda selalu siap sedia untuk melakukan transaksi ini agar transaksi keuangan Anda lancar tanpa kehilangan informasi.

Data Lebih Terjaga menggunakan SMS Banking

Karena Anda tidak menggunakan internet serta data-data bisa dikirim melalui handphone Anda secara langsung. Menurut cermati.com transaksi melalui SMS Banking juga bebas gangguan eksternal seperti mati listri, dan lain sebagainya.

Kelemahan SMS Banking

Tentunya tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga dengan sistem SMS Banking ini. Ada beberapa kelemahan dari SMS Banking yang harus Anda perhatikan. Mengapa demikian? Karena belum ada layanan transaksi keuangan yang sempurna, pastikan Anda selalu memerhatikan kelemahan-kelemahan berikut ini.

SMS yang Mengirimkan PIN Masih terdapat pada Sent Message atau Outbox

Menurut kompasiana.com kebanyakan orang-orang yang sering meminjamkan handphone kita lalu mengcek histori kita. Hati-hati. Karena PIN yang Anda kirimkan bisa saja masih ada di kotak keluar atau surat yang sudah terkirim. Pastikan Anda selalu menghapus SMS PIN Anda atau kunci SMS Anda supaya orang yang menggunakan handphone Anda tidak bisa masuk pada bagian SMS.

Baca Juga: 5 Poin Penting Sebelum Memilih Tempat Peminjaman Dana Cepat Online

Butuh Kuota Pulsa SMS

Tentunya untuk mengirimkan SMS, Anda memerlukan kuota pulsa SMS provider Anda. Pastikan ini selalu terisi agar update informasi saldo Anda selalu terkirim ke handphone atau gadget Anda. Ini sangat pas untuk nasabah yang jarang menggunakan internet karena setiap transaksinya hanya menggunakan kuota pulsa provider Anda.

Layanan Perbankan SMS Banking

Anda belum pernah mencoba menggunakan SMS Banking? Layanan e-Banking ini mempunyai beberapa fitur yang bisa digunakan tanpa harus pergi ke ATM atau menggunakan kuota internet Anda. Berikut fitur-fitur umum yang bisa Anda dapatkan dalam SMS Banking.

Layanan Transfer

Fitur transfer yang terdapat dalam bertransaksi keuangan ini bisa Anda gunakan dalam SMS Banking. Anda bisa mengirim uang tanpa harus ke bank atau ATM. Anda hanya tinggal mengetik berapa nomor rekening tujuan Anda dan kirimkan jumlah saldo Anda.

Layanan Informasi Saldo dan Mutasi Rekening

Anda tidak punya waktu ke ATM ke bank untuk melihat berapa saldo Anda? Dengan SMS Banking, Anda hanya perlu mengirimkan SMS dengan format tertentu dan langsung informasi saldo akan dikirimkan melalui handphone yang telah Anda daftarkan untuk SMS Banking. Selain informasi saldo, Anda juga bisa mengecek mutase rekening Anda untuk mengetahui histori transaksi keuangan Anda.

Layanan Pembayaran dan Pembelian

Ingin membeli pulsa atau bayar tagihan listrik? Cukup gunakan layanan SMS Banking pembayaran dan pembelian dan Anda langsung bisa membayar atau membeli produk yang Anda inginkan tanpa harus ke bank.

Lembaga Keuangan yang telah Menyediakan Layanan SMS Banking

Di era serba internet ini, tentunya lembaga-lembaga keuangan seperti bank, pegadaian, atau semacamnya telah menyediakan layanan e-Banking SMS Banking ini. Berikut beberapa bank milik negara yang telah menggunakan SMS Banking sebagai fitur layanan e-Banking-nya.

Mandiri SMS Banking

Bank Mandiri merupakan salah satu bank BUMN yang telah mempunyai layanan e-Banking seperti SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking. Untuk mengakses semua layanan ini, yang Anda perlukan adalah mendaftarkan SMS Banking terlebih dahulu. Setelah SMS Banking terdaftarkan, Anda bisa menggunakan layanan e-Banking lainnya yaitu Mobile Banking dan Internet Banking.

Baca Juga: Mandiri Mobile, Langkah-langkah Gunakan Fitur dari Mobile Banking Mandiri

BRI SMS Banking

Bank Rakyat Indonesia atau BRI juga memiliki layanan SMS Banking. Layanan SMS Banking ini bisa Anda daftarkan dengan cara pergi ke kantor cabang BRI dengan membawa tabungan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mendaftarkan di ATM jika Anda tidak bisa mempunyai waktu luang untuk pergi ke bank.

BNI SMS Banking

Selain Mandiri dan BRI, Bank BUMN Bank Negara Indonesia juga menyediakan salah satu layanan e-Banking ini. Fitur transaksi keuangan yang bisa Anda gunakan di setiap handphone ini bisa diakses dalam beberapa pilihan yaitu dengan download aplikasi, syntax, atau USSD.

Sudah ingin mencoba SMS Banking sebagai teman transaksi pembayaran Anda? Jangan lupa untuk selalu waspada terhadap penipuan karena makin banyak orang yang menginginkan keamanan, makin banyak pula orang yang ingin melakukan kejahatan ditingkat lebih tinggi. Pastikan handphone Anda selalu update dan tidak tertinggal jaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here