Apa itu e-Payment? Mengenal Sistem Pembayaran Online, e-Payment

0
25

Apa itu e-payment? e-Payment adalah sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana perantara. Sudah banyak perusahaan start-up yang memfasilitasi penjual dan pembeli dengan memberikan jaminan keamanan.

Untuk menjamin keamanan transaksi tersebut, start-up nantinya akan menjadi perantara yang bekerja sama dengan pihak perbankan untuk memfasilitasi e-Payment secara aman dan praktis.

Pengertian e-Payment

Saat ingin berbelanja online, Anda tinggal memilih produk atau jasa apa yang Anda inginkan, lalu menghubungi pihak penjual dan melakukan transaksi pembayaran. Saat ini melakukan transaksi jual beli tidak hanya mengandalkan fasilitas transfer saja, namun juga terdapat proses transaksi lain yaitu disebut dengan e-Payment.

Baca Juga: Mobile Payment Sebagai Layanan Pembayaran Tanpa Uang Tunai

e-Payment muncul disaat e-Commerce sedang pesat-pesatnya. Perkembangan yang pesat saat E-Commerce terjadi membuat beberapa kalangan juga ikut untuk mengembangkan suatu produk baru yang mampu membantu kelancaran bertransaksi.

Dikarenakan sistem e-Commerce yang dilakukan secara online, maka produk pendukungnya pun dilakukan secara online. Oleh karena itulah akhirnya muncul sebuah sistem pembayaran secara online yang saat ini disebut sebagai e-Payment.

Manfaat e-Payment

Dilansir dari dkijakarta.co, menggunakan e-Payment akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Manfaat e-Payment adalah sebagai berikut,

Meningkatkan Efesiensi

Dengan adanya e-Payment pembayaran sebuah produk dapat dilakukan secara online. Hal tersebut tentu akan meningkatkan efesiensi waktu.

Transaksi Bersifat Universal

Manfaat yang didapat lainnya adalah transaksi e-Payment bersifat universal sehingga dapat memberikan kemudahan pembayaran serta perluasan media pembayaran selama transaksi masih dilakukan di dalam satu negara.

Keamanan Bertransaksi Lebih Terjaga

Kemananan dalam bertransaki lebih terjaga jika dibandingkan dengan transaksi cash ataupun transaksi dengan cara transfer melalui rekening pribadi.

Fleksibel

Karena sistemnya yang online, e-Payment bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

Yang Terlibat Saat Melakukan Transaki e-Payment

Meskipun dilakukan secara online, transaksi e-Payment tetap melibatkan beberapa pihak. Pihak yang terlibat adalah

  1. Pembeli yang bertransaksi dengan sistem e-Payment,
  2. Penjual yang menerima dana dari sistem e-Payment,
  3. Lembaga keuangan seperti bank,
  4. Pemerintah sebagai pengontrol regulasi yang pertugas mengawasi dan mengatur proses e-Payment.

Baca Juga: E-Banking, Layanan Perbankan dalam Segala Media Elektronik

Cara Menggunakan e-Payment

Sesuai dengan namanya, e-Payment bekerja secara online dengan menggunakan fasilitas internet sebagai perantaranya. Pertama, saat Anda hendak berbelanja, pilih metode pembayaran e-Payment terlebih dahulu, lalu login ke akun e-Payment yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Kedua, cek detail harga produk yang akan Anda bayar, dan masukkan kode transaksi atau pin yang digunakan sebagai keamanan. Setelah Anda menyetujui pembayraan tersebut maka proses pembayaran melalui e-Payment sudah selesai.

Kelebihan e-Payment

Selain mudah digunakan, e-Payment juga memiliki kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan. Dilansir dari unichange.me, kelebihan e-Payment diantaranya seperti

Hemat Waktu

Mentransfer uang melalui ATM biasanya memerlukan waktu lebih lama. Dengan menggunakan e-Payment Anda tidak perlu membuang waktu hanya untuk melakukan transfer.

Pengendalian Biaya

Dengan menggunakan e-Payment, Anda dapat memeriksa transaksi pengeluaran apa saja yang telah Anda lakukan. Hal tersebut dapat membantu Anda mengendalikan pengeluaran.

Mengurangi Resiko Pencurian dan Kerugian

Penggunaam e-Payment terbilang aman karena sangat kecil kemungkinan terjadi pencurian dan kerugian.

Komisi Rendah

Pembayaran untuk penyedia layanan pada sistem e-Payment terbilang rendah karena biaya terdiri dari 1% dari jumlah total.

Kenyamanan

Dengan hanya memiliki akses internet, transaksi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Kekurangan e-Payment

Disamping kelebihan yang bisa didapat, bukan berarti sistem pembayaran e-Payment tidak memiliki kekurangan. Kekurangan e-Payment adalah

Infrastruktur Telekomunikasi Belum Maksimal

Infrastruktur bidang telekomunikasi yang ada di Indonesia belum terlalu maksimal. Harga yang ditawarkan agar bisa terkoneksi dengan internet masih terbilang mahal.

Sosialisi Belum Menyebar

Sosialisasi penggunaan kartu pembayaran secara elektronik belum menyebar rata sehingga masih banyak masyarakat yang belum bisa menggunakan dan mendapatkan berbagai kemudahan dari fasilitas e-Payment

Resiko Terkena Hack

Meskipun terhindar dari pencurian dan perampokan, bukan berarti tidak ada memiliki resiko sama sekali. Dikarenakan e-Payment terkoneksi dengan internet maka banyak penjahat dunia maya yang membobol uang elektronik Anda.

Jenis e-Payment

e-Wallet

Dompet elektronik yang satu ini termasuk kedalam salah satu jenis e-payment dan merupakan alternatif lain untuk pembayaran secara elektronik. E-Wallet memudahkan penggunanya dalam melakukan segala bentuk transaksi karena merupakan bentuk lain dari dompet yang bisa dibawa kemana-mana.

Tak hanya itu, E-Wallet dapat menyimpan uang secara virtual. Saat saldonya hampir habis, Anda hanya perlu melakukan top-up saja. Untuk mendapatkannya, Anda hanya perlu mendaftarkan diri melalui aplikasi online.

Smart Card

Penggunaan Smart Card mirip dengan karu ATM, saat melakukan transaksi uang yang ada di dalam kartu akan di debet menggunakan mesin khusus. Smart Card memiliki keunggulan yaitu penerima uang dapat mengetahui data informasi mengenai pembeli yang telah melakukan pembayaran.

Baca Juga: Mobile Banking, Fasilitas e-Banking untuk seluruh Smartphone dan Tablet

e-Cash

e-Cash merupakan uang elektronik yang khusus digunakan untuk jual beli online. Uniknya, nomor rekening yang tercantum pada e-Cash merupakan nomor handphone pengguna. Hal tersebut dapat meminimalisir resiko lupa akan nomor rekening.

e-Check

e-Check adalah cek yang dibuat dalam bentuk digital. Selain pembayaran, e-Check juga bisa digunakan sebagai pencairan secara tunai  melalui bank. Sayangnya fasilitas e-Payment yang satu ini belum tersedia di Indonesia.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian e-Payment berserta penjelasannya. Meskipun berbentuk elektronik, Anda merupakan pengatur sepenuhnya di dalam keuangan Anda. Tetaplah bijak dalam menggunakan transaksi karena semua keputusan berada ditangan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here