Begini Tutorial Top Up E-Money via NFC Smartphone

0
1

e-money. Di zaman modern seperti saat ini, tentu apapun yang kita lakukan ingin serba cepat. Aktivitas yang super padat nyaris membuat kita tidak memiliki waktu untuk bersantai. Karena itulah orang-orang berlomba untuk menciptakan teknologi untuk membantu memudahkan aktivitas.

Seperti halnya perkembangan teknologi pada dunia finansial. Setiap tahunnya selalu ada inovasi baru dalam dunia keuangan untuk memudahkan aktivitas transaksi. Di Indonesia pada tahun 2017 muncul alat transaksi baru yaitu uang elektronik.

Baca Juga: Bedanya Uang Elektronik dengan Dompet Elektronik

Chasless society begitu sebutannya untuk orang yang melakukan transaksi secara non tunai. Tren cashless ini sudah tidak asing lagi bahkan saat ini menjadi gaya hidup baru masyarakat urban. Hal ini tidak lepas dari kemudahan yang ditawarkan oleh uang elektronik ini.

Uang elektronik atau e-money merupakan alat pembayaran digital dengan menggunakan kartu yang telah ditanamkan chip untuk kegiatan transaksi dan pembayaran. Sejak hadirnya uang elektronik kita sangat mudah.

Menggunakan Uang Elektronik Membuat Transaksi Anda Semakin Mudah

Hanya dengan menempelkan kartu pada alat uang elektronik yang disediakan, Anda sudah bisa melakukan transaksi, hitungannya tidak lagi menit, tetapi sudah hitungan detik. Sungguh luar biasa kemajuan teknologi sehingga transaksi dan proses pembayaran lebih cepat.

Cara Cek Saldo Uang Elektronik

Di artikel sebelumnya sudah kami jelaskan mengenai cara cek saldo uang elektronik menggunakan smartphone yang memiliki fitur NFC. Hanya dengan menggunakan aplikasi cek saldo Anda bisa mengetahui berapa sisa uang yang ada dalam uang elektronik tersebut.

Cara Top Up Uang Elektronik Menggunakan NFC via Smartphone

Jika Sebelumnya mengisi saldo harus menggunakan ATM atau tepat-tempat yang memiliki alat scanning, saat ini hanya dengan menggunakan smartphone yang memiliki fitur NFC sudah bisa melakukan pengisian saldio sendiri.

Layanan yang bisa pengisian saldo via smartphone adalah e-money atau e-toll milik Bank Mandiri. Syarat yang harus dipenuhi untuk pengisian saldo melalui ponsel adalah sebagai berikut:

  1. Anda sudah terdaftar sebagai pengguna Mandiri Online jika belum Anda bisa melakukan pendaftaran dengan datang langsung ke Bank Mandiri.
  2. Nomor handphone Anda sudah terdaftar untuk melakukan transaksi online.
  3. Smartphone Android atau Iphone yang sudah memiliki fitur NFC.

Langkah-langkah Pengisian Saldo

  1. Instal aplikasi Mandiri Online

  2. Aktifkan fitur NFC di smartphone Anda

  3. Jika sudah berhasil, buka aplikasi lalu login

  4. Jika sudah berhasil masuk, pilih menu e-money

  5. Pilih menu isi ulang e-money

  6. Kemudian akan muncul menu isi ulang

  7. Pada kotak dialog ketuk gambar kotak di pojok kanan atas kemudian tempelkan kartu e-money ke bagian belakan ponsel yang berlogo NFC

  8. Jika terbaca akan muncul nomor kartu dan kemudian isi kolom card name sesuai dengan nama Anda

  9. Klik konfirmasi dan tambahkan nomor

  10. Kemudian isi jumlah sesuai dengan yang Anda inginkan

  11. Lalu pilih lanjut dan konfirmasi

  12. Setelah mengisi tahap selanjutnya Anda harus memasukan 6 digit pin mandiri online, jika benar maka akan muncul status transaksi berhasil

  13. Jika Sudah berhasl, tahap selanjutnya adalah perbaharui saldo

  14. Kembali ke halaman e-money lalu pilih Lihat/Perbaharui Saldo

  15. Tempelkan kartu e-money pada bagian belakang ponsel berlogo NFC

  16. Klik perbaharui saldo sampai muncul notifikasi “Your balance has been updated with your last top up of IDR … (sesuai dengan nilai yang Anda isi)

  17. Transaksi Anda berhasil.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here