Kelola Keuangan untuk Masa Pensiun

0
15

Masa pensiun adalah masa yang menakutkan bagi sebagian orang. Tidak adanya lagi pemasukan menjadi masalah yang harus dihadapi. Ketidaksiapan inilah yang akhirnya membuat banyak pensiunan bingung.

Kebanyakan orang justru bingung mengenai bagaimana cara mengelola uang pensiunan. Tidak adanya pengetahuan tentang bagaimana pengelolaan uang yang baik menjadi salah satu faktor yang utama. Untuk itu Anda harus cermat dan bijaksana dalam menggunakan uang pensiunan. Berikut caranya,

Baca Juga: Pinjam Uang dengan Mudah menggunakan Aplikasi Digitalbank DBS

Hitung Total Uang Pensiunan Anda

Ada baiknya jika Anda menghitung terlebih dahulu total uang pensiunan. Dengan cara ini, Anda dapat menghitung dan memperkirakan berapa pengeluaran untuk kebutuhan, investasi, ataupun menabung.

Pergunakan Uang dengan Bijak

Sebelum mengalokasikan dana pada kegiatan bisnis, terlebih dahulu Anda harus memikirkan uang untuk kehidupan selama 6-12 bulan kedepan. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat tidak adanya lagi pemasukan yang Anda dapatkan.

Tentukan Skala Prioritas

Pastikan Anda telah menentukan prioritas pengeluaran seperti pembeyaran listrik, air, telepon, ataupun cicilan lainnya.

Tentukan Investasi dan Usaha yang Tepat untuk Masa Pensiun

Jika Anda ingin tetap mendapatkan pemasukan, ada baiknya Anda melakukan investasi atau membuka sebuah bisnis. Pastikan bahwa bisnis yang akan Anda jalankan berjangka panjang dan usahakan meminimalisir kerugian.

Menabung

Meskipun sudah uang pensiunan, Anda harus tetap menyisihkan untuk menabung. Sebaiknya Anda mengikuti tabungan deposito. Dengan menerapkan menabung, Anda tetap memiliki dana cadangan. Kebanyakan orang berpikir, bahwa usia muda adalah waktu yang digunakan untuk bersenang-senang sehingga uang sering kali habis dan tidak sempat untuk menabung.

Siapkan Saat Masih Muda

Ketika memasuki masa pensiun, banyak orang yang tidak tahu bagaimana caranya mengelola uang pensiunan secara bijaksana. Agar tak kesulitan, sebaiknya jika Anda menyiapkan dana pensiun sejak masih muda.

Buat Rencana Keuangan

Pisahkan antara kebutuhan dengan keinginan Anda. Utamakan pengeluaran yang telah menjadi kebutuhan Anda setiap bulannya. Jika Anda memang mengingika sesuatu, sebaiknya Anda menabung terlebih dahulu agar tidak menganggu rencana keuangan yang lain.

Biasakan Diri untuk Menabung

Biasakanlah untuk menabung sejak Anda masih muda. Di usia muda, Anda memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan dan mengatur keuangan pensiun Anda.

Segera Lunasi Hutang

Usahakanlah melunasi hutang-hutang sejak awal dan bijaksanalah dalam pemakaian kartu kredit agar Anda tidak kebingungan di masa tua.

Persiapkan Dana Darurat

Meskipun kondisi keuangan Anda baik, tak ada salahnya jika tetap mempersiapkan dana darurat. Mempersiapkan dana darurat sejak awal dapat membantu Anda saat terjadi krisis atau masalah dalam keuangan Anda.

Baca Juga: Mobile Payment Sebagai Layanan Pembayaran Praktis Tanpa Uang Cash

Sisakan Uang untuk Asuransi

Mengikuti program asuransi sama halnya dengan menabung. Ikutlah asuransi jiwa atau asuransi kesehatan agar Anda tidak merasa bingung saat harus mengeluarkan dana secara tiba-tiba.

Cobalah Membuat Bisnis Sampingan

Selagi masih muda tak ada salahnya jika mulai membuat bisnis sampingan. Carilah bisnis sampingan yang bisa dikerjakan tanpa harus mengganggu waktu pekerjaan utama Anda.

Kunci utama dari semua keberhasilan pengelolaan keuangan adalah terdapat pada bagaimana cara Anda menerapkan hal tersebut. Disiplin dan buatlah komitmen bahwa Anda akan memenuhi semua rencana yang telah Anda buat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here