Mobile Payment atau m-payment merupakan salah satu cara berbayar dengan media smartphone tertentu. Mengapa smartphone menjadi medianya? Masyarakat seluruh dunia, terutama di Indonesia, kini sudah mulai melek teknologi salah satunya smartphone.

Sekarang, kita bisa melihat betapa banyak orang yang menggunakan smartphone dari berbagai macam tipe setiap harinya. Maka dari itu, dengan berbagai hitungan, akhirnya dikeluarkan lah mobile payment untuk mempermudah pembayaran kita secara langsung dari smartphone kita.

Sekilas tentang Mobile Payment

Seiring berkembangnya teknologi, transaksi berbayar pun semakin mudah. Salah satu caranya yaitu menggunakan mobile payment. Menurut techinasia.com sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang tengah mengulik tentang sistem pembayaran via mobile. Sayangnya, teknologi dari perusahaan tersebut belum sampai ke Indonesia. Maka dari itu, banyak bank, operator seluler maupun startup yang mulai menjajakan sistem ini.

Baca Juga: E-Money, Semua Pembayaran dalam Satu Kartu Uang Elektronik

Seperti yang dilansir marketplus.co.id, rata-rata masyarakat Indonesia menggunakan smartphone selama 180 menit per harinya. Lumayan banyak bukan? Ternyata smartphone telah menjadi teman terbaik kita kemana-mana. Itulah asal muasal mengapa diadakannya mobile payment. Lalu, apa lagi kelebihan dan kekurangan dari mobile payment? Berikut sedikit ulasan kelebihan dan kekurangan mobile payment.

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Payment

Menghemat Waktu Tanpa Mengantri

Ingin belanja tapi kesal dengan antrian panjang? Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengantri di antrian kasir sampai kaki pegal. Jika Anda menggunakan mobile payment, transaksi pembayaran Anda akan lebih mudah. Cukup tempelkan smartphone Anda pada reader stiker mobile payment atau gunakan QR Code untuk membayar belanja Anda. Mudah bukan? Lalu apa lagi kelebihan dan kekurangan dari mobile payment?

Mudah Mengaplikasikannya

Anda menggunakan smartphone setiap hari? Tentunya mobile payment akan sangat mudah untuk Anda. Anda hanya perlu membuka aplikasi mobile payment terpercaya Anda, dan langsung membayarnya tanpa harus menunggu proses lama.

Walaupun sama-sama menggunakan smartphone, beberapa jenis mobile payment menggunakan cara yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan QR Code dimana Anda hanya perlu me-scan QR Code penjual dan uang Anda akan berkurang. Ada juga jenis payment yang menggunakan NFC (Near Field Communication) dan berbagai koneksi lainnya.

Tidak Ada Lagi Uang Tunai

Bayar memakai uang tunai? Anda tidak perlu melakukan itu lagi. Dengan mobile payment, Anda menggunakan fasilitas uang elektronik dengan media smartphone. Anda tidak perlu menunggu uang kembali dari kasir atau khawatir dengan uang yang nilainya terlalu besar.

Selain itu, Anda juga akan meminimalisir adanya uang palsu yang jatuh ke tangan Anda. Uang palsu akan semakin sulit terjangkau karena uang kita telah aman disimpan oleh provider mobile payment kita.

Koneksi Harus Stabil

Pengaplikasiannya memang mudah, sayangnya beberapa jenis mobile payment juga membutuhkan koneksi internet yang cepat. Jika Anda berada di daerah dengan sinyal yang rendah, Anda bisa menggunakan WiFi yang tersedia atau Anda juga bisa meminta tolong kasir untuk tethering hotspot WiFi beberapa menit.

Harus Melek Teknologi

Anda masih menggunakan handphone versi lama? Inilah mengapa kita harus mengikuti zaman. Semakin berkembang teknologi, maka semakin tinggi juga perhatian kita terhadap teknologi baru. Bukan berarti zaman dulu itu kuno, tetapi bagaimana kita bisa fleksibel atau berbaur dengan lingkungan kita supaya kita tetap terus maju dan berkembang.

Banyak Promo-promo Menarik

Apalagi yang kurang dengan promo menarik? Beberapa jenis mobile payment yang telah tersedia di Indonesia kini tengah berlomba-lomba menjadi merk mobile payment terpercaya. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan promo-promo menarik seperti Buy 1 Get 1 dengan menggunakan mobile payment tertentu.

Walaupun masih berkembang setiap harinya, mobile payment ini diharapkan bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk masyarakat dalam melakukan pembayaran yang praktis dan mudah. Dengan adanya Gerakan Nasional Non-Tunai dari Bank Indonesia seperti yang dilansir kompasiana.com, mari kita mulai menggunakan uang elektronik sebagai teman terbaik untuk transaksi berbayar kita.

Jenis-jenis Mobile Payment

Setelah Anda melihat banyaknya kelebihan maupun kekurangan dari mobile payment, pastinya Anda ingin tahu jenis-jenis mobile payment yang telah berkembang di Indonesia. Dengan berbagai cara pembayaran, berikut ini beberapa jenis mobile payment yang sering kita dengar.

T-Cash

T-Cash merupakan aplikasi mobile payment dari provider Telkomsel yang menggunakan sistem pembayaran dengan cara menge-tap T-Cash pada reader T-Cash yan tersedia. Dengan izin dari Bank Indonesia, kini T-Cash telah menjadi uang elektronik yang telah menembus lebih dari sejuta pelanggan menurut kompas.com.

Layanan mobile payment T-Cash menggunakan dua fitur yaitu fitur stiker dan fitur NFC atau Near Field Communication khusus untuk pengguna smartphone tertentu. Dengan stiker T-Cash, pembayaran Anda akan lebih mudah karena Anda hanya menempelkannya pada reader dengan logo T-Cash. Sedangkan fitur NFC dipergunakan jika ada merchant yang bisa menggunakan fitur tersebut. Dan pastikan juga smartphone Anda mempunyai fitur NFC juga.

Saldo di dalam T-Cash berbeda dengan saldo pulsa Anda. Karena T-Cash merupakan uang tunai yang bisa Anda simpan dalam suatu aplikasi mobile payment. Tak hanya itu. Anda juga dapat menggunakan T-Cash dengan maksimum saldo sampai 10 juta rupiah.

PayPro

PayPro adalah salah satu mobile payment yang berguna untuk membayar semua kebutuhan Anda. Sama seperti mobile payment T-Cash, PayPro juga menggunakan stiker sendiri untuk transaksi pembayaran Anda. Selain itu, PayPro juga menggunakan teknologi scanning QR Code sebagai fitur lain transaksi bayaran Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi PayPro untuk memulai registrasinya. Mudah bukan? Pengisian ulangnya pun bisa Anda lakukan di merchant-merchant terdekat seperti Indomaret maupun Alfamart se-Jabodetabek.

Dengan kerjasama antara PayPro dan Indosat, kini DompetKu dari Indosat telah berubah menjadi IM3 PayPro. Walaupun keuntungannya lebih banyak daripada pengguna PayPro biasa, proses registrasi IM3 PayPro membutuhkan saldo pulsa khusus dari pelanggan dengan nomor IM3 Ooredoo. Setelah itu, Anda akan mendapatkan saldo khusus PayPro keesokan harinya. Maka dari itu, Anda membutuhkan nomor IM3 Ooredoo untuk mengaktikan IM3 PayPro.

Sakuku

BCA, Salah satu bank swasta yang terkenal di Indonesia ini mengeluarkan aplikasi mobile payment yang bernama Sakuku. Anda bukan nasabah bank BCA? Anda tidak perlu khawatir Sakuku juga bisa digunakan untuk pelanggan non-BCA.

Sakuku adalah salah satu layanan yang menggunakan media smartphone tertentu sebagai transaksi pembayaran resmi dari Bank BCA dengan teknologi QR Code. Anda hanya perlu scan QR Code pada merchant yang Anda tuju dan tinggal menunggu konfirmasi dari Bank BCA.

Cara mendapatkannya pun mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Sakuku dari Google Play atau App Store sesuai tipe smartphone Anda. Dengan Sakuku, Anda tidak perlu ke counter handphone untuk membeli pulsa atau membayar belanjaan Anda dengan khawatir mengantri panjang di kasir.

Mandiri E-Cash

Anda tidak punya rekening Bank Mandiri? Anda bisa menggunakan Mandiri E-Cash sebagai pengganti uang tunai Anda. Dengan berbagai macam akses, Mandiri E-Cash menawarkan banyak promo sampai diskon 50% pada produk tertentu.

Mandiri E-Cash terbagi menjadi dua bagian yaitu registered dan unregistered. Keduanya mempunyai fungsi yang sama dengan keuntungan yang berbeda. Walaupun masih berbasis server, Mandiri E-Cash bisa menjadi solusi transaksi pembayaran tercepat khusus untuk Anda.

Bagaimana cara mendapatkannya? Anda bisa mencari di store dari smartphone Anda. Tidak perlu fitur NFC atau kamera untuk scan QR Code. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Mandiri E-Cash di smartphone Anda dan nikmati membayar segala kebutuhan dengan uang elektronik dalam gadget Anda.

Baca Juga: Aplikasi Peminjaman Uang Langsung dari Smartphone

Kesles

Dengan teknologi QR Code, Kesles menawarkan mobile payment sebagai transaksi pembayaran termudah untuk Anda. Layanan ini terbuka untuk member baru atau merchant baru yang ingin bekerjasama dengan Kesles.

Praktis dan mudah adalah salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi pembayaran Kesles. Anda tidak perlu menjadi nasabah bank tertentu karena sistem dari Kesles itu membuka membership dengan rekening QNB (Qatar National Bank) sendiri seperti yang dilansir pada techinasia.com.

Layanan aplikasi mobile payment Kesles ini mempunyai beberapa kelebihan dari pada mobile payment lainnya. Salah satunya adalah tidak ada batas maksimal saldo. Dengan ini, Anda bisa menyimpan semua uang Anda dalam satu media smartphone. Walaupun semua pelanggan Kesles dibebankan dengan biaya administrasi, mobile payment ini termasuk salah satu layanan termudah karena Anda bisa menikmati fasilitas bank hanya dari smartphone Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here