Ini yang Harus Anda Ketahui Tentang Uang Elektronik

0
1

Uang Elektronik. Sejak diperkenalkannya pada 2007 silam, uang elektronik kini semakin popular. Uang yang diterbitkan secara digital ini dikeluarkan oleh lembaga keuangan dan sudah dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan(OJK).

Uang elektronik atau yang biasa disebut e-money ini dijadikan sebagai pembayaran non-tunai tanpa harus memiliki rekening bank atau kartu kredit.

Baca Juga: Apa itu e-Payment? Mengenal Sistem Pembayaran Online, e-Payment

Munculnya uang elektronik ini tanpa disadari telah mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia. Meskipun mempermudah, nyatanya masih ada saja pro dan kontra terkait uang digital ini. meskipun begitu, kita tetap bisa merasakan kemudahan dari fitur yang diberikan.

Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui mengenai uang elektronik

Jika Anda Sedang Tidak Memiliki Uang Cash, Alat Ini Mempermudah Pembayaran

Dengan uang elektronik ini pembayaran Anda menjadi lebih cepat dan mudah. Jika Anda hendak bertransaksi namun sedang tidak memiliki uang cash, alat ini bisa membantu untuk pembayaran. Cukup ditempelkan pada mesin maka transaksi sudah selesai dilakukan. Contohnya pembayaran jalan tol yang kini sudah berubah menggunakan e-money.

Bisa Disimpan dan Dibawa ke Mana Saja

Dengan adanya saldo di dalam uang elektronik, menjadikan uang elektronik mudah dibawa ke mana saja. Uang elektronik juga dapat disimpan di mana saja yang aman. Jika Anda memerlukan alat pembayaran ini hanya mengharuskan anda menempelkan di mesin yang tersedia.

Bisa Untuk Pembayaran Transportasi Umum

Uang elektronik ini bisa digunakan untuk pembayaran tarif transportasi umum. Bisa untuk Kereta Rel Listrik (KRL)dan Transjakarta. Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jabodetabek, kehadiran kartu ini sangat membantu karena mempermudah pembayaran.

Pembayaran di Minimarket

Uang elektronik ini bisa digunakan untuk pembayaran di minimarket yang telah bekerjasama seperti Alfamart dan Indomart. Dengan kehadiran uang elektronik ini pembayaran semakin mudah karena tidak perlu membawa uang tunai.

Jika Kartu Rusak Uang Tidak Bisa Dicairkan

Jika Anda bertanya mengenai kerusakan kartu sementara saldo di dalam kartu masih banyak, uang tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang fisik. Untuk menghindari kerusakan, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan uang elektronik.

Baca Juga: Menilik Mobile Payment Sebagai Sarana Pembayaran Praktis Tanpa Uang Tunai

Risiko Kartu Hilang

Sama seperti barang lainnya jika tidak dirawat dan disimpan dengan baik, uang elektronik ini bisa hilang. Kartu sangat  sulit diblokir jika terjadi kehilangan, selain itu rentan penyalahgunaan jika kartu ditemukan oleh orang lain.

Pemotongan Saldo Sesuai dengan Nominal Transaksi

Salah satu keuntungan menggunakan uang elektronika adalah tidak ada pemotongan saldo ketika melakukan transaksi di manapun. Saldo dipotong sesuai dengan pemakaiaan Anda. Tagihan hanya sesuai dengan jumlah transaksi.

Uang Elektroni Bisa Mencapai Rp 2 Juta

Bank Indonesia (BI) kini telah mengeeluarkan peraturan baru, yakni saldo uang elektronik bisa mencapai Rp 2 Juta. Sebelumnya BI hanya membolehkan Saldonya mencapai Rp 1 Juta saja. Penambahan ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here