Perlu pinjaman? Pengajuan KTA online bank BRI mungkin bisa jadi jalan keluar yang cepat bagi Anda. Apa saja layanan BRI yang bisa dimanfaatkan oleh masyarkat? Sejak 1895 Bank BRI telah melayani masyarakat dalam hal keuangan melalui produk-produk finansial yang mereka tawarkan, seperti tabungan, investasi dan juga pembiayaan. Kegiatan perbankan tersebut tidak lain bertujuan untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

Di antara produk perbankan yang disediakan BRI, pinjaman konsumer jadi produk yang paling diminati masyarakat Indonesia. BRI memperkenalkan kredit pinjaman tanpa jaminan yang mereka diberi nama BRIGuna. Melalui produk ini BRI memberikan fasilitas pembiayaan kepada masyarakat yang membutuhkan dana cepat untuk segala kebutuhan, misalnya pernikahan, kesehatan, pendidikan, liburan, modal usaha dan lainnya.

Baca juga : Cara dapatkan KTA Online Bank Mega 

Pinjaman BRI Guna ini memiliki 3 jenis produk pinjaman, yakni BRIGuna Karya, BRIGuna Purna, dan BRIGuna Umum. Tentunya ketiga layanan tersebut memiliki spesifikasi dan manfaat yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui apa saja keunggulan dan manfaat yang dimiliki masing-masing produk pinjaman berikut penjelasannya

BRIGuna Umum

Adalah pinjaman yang diberikan oleh BRI untuk nasabah atau calon nasabah yang termasuk ke dalam payroll BRI, dengan jangka waktu pinjaman sejak menjadi pegawai aktif sampai dengan masa pensiun. Pinjaman ini sangat tepat untuk debitur yang membutuhkan modal bakal usaha atau investasi.

Jumlah pinjaman yang dikucurkan melalui kredit BRIGuna UMUM mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 400 juta. Dengan tingkat suku bunga mulai dari 0,62 % – 0,84 % flat per bulan. Besarnya nominal pinajaman pada umumnya disesuaikan dengan kebutuhan nasabah dan kemampuan pengembalian nasabah. Sementara untuk lamanya pinjaman, BRI menawarkan tenor hingga 15 tahun.

Beberapa keunggulan dimiliki produk pinjaman ini, di antaranya adalah prosesnya yang cepat dan mudah, bunga dan biaya yang rendah, cicilan yang ringan dan angsuran tetap samapai jatuh tempo kredit dan dijamin asuransi. Jadi risiko pinjamannya sangat kecil, jika terjadi sesuatu oleh nasabah.

BRIGuna Purna

Sebuah produk pinjaman untuk debitur yang sudah masuk usia penisun, namun menerima gaji pensiunannya melalui Bank BRI.  Pinjaman ini dapat digunakan untuk pembiayaan keperluan produktif dan non produktif misalnya pembelian barang bergerak atau tidak, perbaikan rumah, keperluan kuliah atau sekolah anak, pengobatan, pernikahan anak, dan lainnya. BRI tidak menetapkan batas maksimal pinjaman. Debitur bisa meminjam sesuai dengan kemampuan finansial mereka atau 3x dari penghasilan yang mereka peroleh perbulan.

Batas pinjaman yang tidak terbatas juga didukung dengan jangka waktu pengembalian kredit yang cukup lama. Maksimal BRI memberikan tenor hingga 15 tahun atau 180 bulan. Bila saat waktu pengembalian tiba-tiba nasabah tidak bisa membayarkan pinjaman atau telat membayar, tentunya BRI akan memberikan biaya penalty yang besarnya ditentukan oleh pihak bank. Namun bila alasan tidak bisa melunasinya karena nasabah meninggal, pelunasan cicilan seluruhnya akan dilunasi oleh pihak asuransi. Untuk itu, debitur akan dikenakan biaya tambahan berupa ausransi jiwa per bulan.

Jadi apa saja biaya yang harus diketahui debitur apa bila ingin melakukan pengajuan KTA online bank BRI ini? Selain angsuran pinjaman beserta bunga yang akan ditagihkan perbulan, biaya lainnya yang dikenakan adalah biaya provisi, biaya admin, materai, biaya asuransi jiwa, biaya denda bila ada keterlambatan atau perlunasan yang dipercepat.

BRI Guna Karya

Kredit yang memfasilitasi calon nasabah/nasabah yang menerima gaji atau penghasilan (payroll) melalui bank BCA untuk memenuhi kebutuhan konsumtif mereka. BRI mengklaim proses pinjamannya sangat mudah dan cepat. Seiring dengan adanya layanan e-form calon nasabah bisa mengajukan aplikasi pengajuan pinjaman KTA secara online. Jadi bisa mengefesiensikan waktu nasabah dan kinerja bank pun bisa lebih efektif.

Fitur pinjaman BRIGuna Karya

Pinjaman ini memiliki beberapa fitur yang bisa diperoleh calon nasabah atau nasabah, di antaranya.

  • Bunga yang kompetitif
  • Cicilan ringan dan angsruan tetap saat jatuh tempo.
  • Limit kredit yang tidak terbatas, namun besarnya pinjaman disesuaikan dengan kemampuan finansial debitur.
  • Jangka waktu kredit hingga 15 tahun
  • Tidak ada kewajiban pengendapan dana
  • Perlindungan Asuransi jiwa tanpa Medical Check Up s/d Rp 500 juta.
  • Apabila debitur meninggal dunia, pinjaman akan dicover asuransi.
  • Apabila debitur mutasi kerja ke daerah lain, tidak diharuskan melakukan pelunasan pinjaman.

Fitur dan keuntungan dari ketiga produk pinjaman diatas bisa didapatkan oleh debitur. Namun tidak semua orang bisa mengajukan dan memperolehnya. Sebab untuk memperoleh pinjaman ini, calon debitur harus memenuhi persyaratan yang diberlakukan BRI.

Adapun nasabah yang menuhi syarat penerima pinjaman KTA BRI, yaitu:

  • Warga negara Indonesia.
  • Berprofesi sebagai pegawai, professional atau pengusaha minimal telah bekerja selama 2 tahun dan dapat dibuktikan melalui surat keterangan kerja, surat ijin profesi atau surat ijin usaha.
  • Debitur berusia 21 tahu, sudah menikah atau sudah pernah menikah. Maksimal umur debitur 75 tahun saat jatuh tempo kredit.
  • Debitur menerima gaji (payroll) dari BRI atau penghasilan dikirimkan ke rekening tabungan BRI.
  • Berdomisili atau lokasi tempat kerja berada di wilayar kerja BRI.
  • Mampu melengkapi persyaratan dokumen: Identitas Diri : KTP, NPWP, Kartu Keluarga. Serta dokumen Asli SK Pengangkatan Pertama dan SK Terakhir, Slip Gaji, Fotocopy Buku Tabungan BRI, Pas Photo Suami/ Istri (bagi yang sudah menikah), Surat Rekomendasi dari atasan debitur, dan Form Permohonan Pengajuan Pinjaman

Bagaimana cara pengajuan KTA online bank BRI ? Sangat mudah! bagi debitur yang telah memenuhi syarat bisa kunjungi situs e-form BRI https://eform.bri.co.id/ dan mengisi form aplikasi pengajuan pinjaman dengan lengkap.

Selain itu, debitur juga dapat langsung ke kantor cabang BRI. Isi aplikasi pengajuan pinajaman, serahkan dokumen yang dibutuhkan, setelah itu pihak bank akan menjelaskan secara mendetail mengenai produk pinjaman yang Anda pilih beserta mekanisme pelunasannya dan biayanya. Pastikan semua data yang diisi benar dan lengkap ya agar pengajuan pinjaman Anda langsung disetujui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here