yap! BNI: Aplikasi Keuangan Digital Sebagai Alat Pembayaran Non Tunai Masa Kini

0
12

Alat pembayaran non tunai merupakan salah satu layanan keuangan yang diterbitkan sejumlah lembaga perbankan untuk mendukung kemudahan transaksi setiap nasabahnya. Hal ini menjadi bukti dan komitmen lembaga perbankan untuk menjawab tantangan transaksi masa kini yang butuh cepat, praktis, dan aman.

E-money salah satunya. Alat pembayaran non tunai atau cashless ini mulai dilirik masyarakat masa kini sebagai alat transaksi yang lebih simple dan praktis. Di mana penggunanya tidak perlu lagi membawa uang cash untuk bertransaksi. Baik itu di sejumlah pasar modern, pom bensin, pintu jalan tol, transportasi perkotaan, layanan parkir dan banyak lagi.

Baca Juga : Lima Layanan Keuangan Digital untuk Masyarakat Masa Kini

Layanan e-money sendiri terbagi kedalam dua jenis, yaitu berbasis server (umumnya diterapkan dalam bentuk aplikasi ponsel) dan chip (dalam bentuk kartu). Kedua jenis e-money tersebut sedang gencar dipromosikan agar menjadi pengganti uang kartal atau cash.

Belum lama ini, salah satu bank terbesar di Indonesia ada yang meluncurkan aplikasi keuangan digital yang dinamai yap! sebagai alat pembayaran non tunai masa kini. Ingin tahu lebih lanjut tentang aplikasi keuangan yang satu ini. Simak ulasan detailnya di  bawah ini.

Mengenal Aplikasi yap! Sebagai Alat Pembayaran Non Tunai Masa Kini

Aplikasi yap! (your all payment) merupakan aplikasi keuangan digital yang diluncurkan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) sebagai solusi pembayaran masa kini yang dilakukan dengan scan QR code melalui smartphone pengguna.

Sumber dana dari metode pembayaran dapat dilakukan dari tiga pilihan yaitu kartu kredit, debit dan UnikQu (produk uang elektronik bank BNI). Inilah yang membuat yap! berbeda dengan aplikasi keuangan digital lainnya, dimana hanya mengandalkan uang elektronik sebagai sumber dananya.

Dengan begitu, semua pengguna smartphone bisa menggunakan BNI yap! dengan sumber dana uang elektronik UnikQu. Untuk pengguna yang sudah menjadi nasabah bank BNI bisa menambahkan semua kartu kredit dan kartu kreditnya sebagai sumber dananya.

Sebagai alat pembayaran untuk transaksi non tunai, yap! menawarkan berbagai kemudahan dalam perannya sebagai pengganti mesin Electronic Data Capture (EDC) yang dapat memenuhi kebutuhan pedagang dari berbagai macam segmen. Mulai dari pedagang kecil, UMKM, retail, toko jaringan (chain store), toko modern (premium), dan toko online (e-commerce).

Tidak hanya itu guna kenyamanan pengguna, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang handal dan terjamin. Pada saat akan login, pengguna diharuskan menginput password sebagai verifikasi awal.

Saat akan melakukan transaksi, pengguna juga diwajibkan untuk memasukan Personal Identification Number (PIN), sesuai sumber dana yang digunakan (kartu kredit, debit dan UnikQu).

Keunggulan dari Aplikasi yap! BNI

Berikut adalah sejumlah kemudahan dan keunggulan yang bisa Anda nikmati, jika menggunakan layanan keuangan digital yap! BNI :

Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Anda bisa berbelanja pada offline ataupun online store yang merupakan merchant yap! BNI dan marketplace yang merupakan mitra yap! BNI.

Keamanan Terjamin

Karena telah dilengkapi dengan dua lapis pengamanan yaitu password login dan PIN transaksi. Keamanan pun semakin terjamin karena pembayaran langsung dari akun bank pengguna.

Solusi Pembayaran Online

Aplikasi yap! juga memiliki tools yang terintegrasi langsung ke e-commerce yang Anda butuhkan sebagai alat pembayaran secara online, dengan transaksi debit, kartu kredit, bahkan penarikan uang.

Top Up Deposit Mudah

Anda dapat deposit menggunakan ATM mana pun dari 137 BANK di Indonesia. Deposit melalui Mobile Banking, Internet Banking, maupun Setor Tunai.

Free

Satu lagi keunggulan dari yap! yaitu bebas biaya operasional alias gratis. Tidak ada biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Menarik ya! Jika ingin menggunakan layanan yap! BNI, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Tiga Langkah Mudah Agar Bisa Menggunakan Aplikasi yap! BNI

Berikut adalah tiga tahapan yang harus Anda ikuti jika ingin menggunakan tersebut, mulai dari proses mengunduh, menginstal dan mendaftar aplikasi yap! BNI:

Unduh dan Instal Aplikasi yap!

Langkah pertama download aplikasi yap! melalui Playstore dan Appstore. Setelah diunduh, kemudian instal aplikasi tersebut hingga terpasang pada gawai yang Anda gunakan.

Mendaftar Akun yap!

Setelah aplikasi yap! terinstal, langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan pendaftaran akun yap! BNI.

Buka aplikasi yap! BNI yang telah terinstal, dan ikuti setiap langkap yang disarankan oleh aplikasi tersebut. Kemudia masukan data identitas diri sesuai dengan form yang tersedia. Jangan lupa membuat password untuk akses aplikasi yap! BNI.

Masuk ke Halaman Login 

Jika registrasi berhasil, langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman login. Masukkan user dan password yang telah dibuat. Sampai tahap ini aplikasi yap! sudah bisa diakses namun belum bisa digunakan untuk pembayaran cashless.

Baca Juga : Simpan Uang dengan Uang Elektronik Tap Cash BNI

Anda harus menambahkan sumber dana yang akan digunakan, baik itu dari kartu kredit, debit dan UnikQu. Anda bisa memasukkan satu atau dua sumber dana, atau bahkan ketiganya sekaligus. Bila sumber dana sudah ditambahkan, maka Anda sudah bisa melakukan transaksi.

Untuk menambahkan kartu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login ke aplikasi yap!
  • Pilih sumber dana (kartu kredit, debit, atau BNI UnikQu)
  • Masukan nomor handphone
  • Masukan PIN dari sumber dana yang digunakan

Prosesnya mudah bukan? Nikmati kemudahan dalam bertransaksi dengan menggunakan aplikasi keuangan digital, yap! BNI. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here