Perbandingan KTA dengan Fintech Pinjaman untuk Permodalan

0
28

Di zaman sekarang ini, kebutuhan masyarakat sudah semakin banyak dan beragam. Ketersediaan akan dana menjadi kebutuhan mutlak. Beberapa produk pinjaman diharapkan dapat membantu kebutuhan masyarakat.

Beberapa produk pinjaman tersebut seperti KTA atau Kredit Tanpa Agunan dan Fintech. KTA merupakan dimana nasabah dapat meminjam sejumlah dana tanpa harus mengajukan jaminan. Sedangkan fintech berasal dari kata financial dan technology yang berarti inovasi dalam bidang jasa keuangan. Berikut beberapa perbandingan KTA dan Fintech pinjaman.

Baca Juga: 5 Tips Penting Sebelum Anda Memilih Pinjaman Online

Waktu Pencairan Pinjaman

Jika pencairan KTA membutuhkan waktu dua sampai tiga hari untuk mencairkan pinjaman. Fintech justru mencairkan pinjaman dalam waktu kurang dari sehari atau bahkan hanya dalam beberapa hitungan jam saja.

Persyaratan Pengajuan

Persyaratan pengajuan pinjaman fintech lebih mudah jika dibandingkan dengan KTA. KTA memerlukan kartu kredit debitur agar bisa melihat jejak pembayaran peminjam. Sementara fintech tidak memerlukan kartu kredit untuk mengajukan pinjaman.

Maksimal Pinjaman

Maksimal pinjaman yang diberikan KTA sangat bergantung pada penghasilan debitur. Bank baru akan menentukan besarnya pinjaman setelah melihat penghasilan debitur. Sedangkan fintech menetapkan maksimal peminjaman sebesar dua miliyar rupiah tergantung aplikasi fintech yang Anda gunakan.

Praktis dalam Teknologi

Sesuai dengan namanya, financial dan technology, fintech mengutamakan penggunaan teknologi dan aplikasi disetiap prosesnya. Berbeda dengan KTA yang baru beberapa bank saja menerapkan pendaftaran secara online.

Besaran Bunga

Besarnya bunga yang ditetapkan pinjaman KTA adalah sekitar 12% setiap tahunnya. Sedangkan fintech menerapkan bunga sebesar 10-20%.

KTA dan fintech memang berbeda dalam beberapa hal namun keduanya sama-sama menawarkan pinjaman yang bisa anda gunakan. Anda hanya tinggal memilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Aplikasi Fintech Pinjaman

Uang Teman

Uang teman mulai beroperasi sejak 2015. Anda bisa meminjam melaui website uangteman.com atau dengan cara mengunduh aplikasi pada telepon genggam Anda.

Winwin

Winwin merupakan pinjaman online yang terletak di Surabaya. Oleh karena itu, lokasi yang bisa dijangkau saat ini baru mencakup Jakarta dan Surabaya. Jumlah pinjaman paling tingginya Rp 2 juta dengan masa pinjaman paling lama yaitu 30 hari.

Rupiah Plus

Rupiah Plus dapat Anda akses melalui handphone. Aplikasi ini menawarkan dua nilai pinjaman yaitu 600ribu dan Rp1,2juta dengan masa pinjaman tujuh hari dan 14 hari.

Julo Finance

Julo Finance hanya bisa diakses melaului aplikasi. Anda bisa meminjam sekitar 2juta hingga 8juta dengan masa pinjaman 3-12bulan.

Dana Cepat

Dana cepat hanya memberikan pinjaman awal maksimum Rp 1 juta dalam waktu 14hari. Nilai pinjaman dapat ditingkatkan berdasarkan credit score dari nasabah. Credit score dibuat oleh pihak Dana Cepat.

TunaiKu

TunaiKu merupakan pinjaman KTA yang berasal dari Amar Bank. Menerapkan nominal pinjaman dari 2,5juta hingga 10juta dengan masa pinjaman sekitar 6-12bulan.

TunaiKita

TunaiKita menawarkan pinjaman berkisar 1 sampai 7 juta dengan masa pinjaman tiga sampai enam bulan.

ModalKu

Jika Anda memiliki UMKM, Anda bisa menggunakan ModalKu sebagai sarana. Dengan modal pinjaman hingga 2Miliar dengan masa cicilan  dua tahun. Dikarenakan jumlah cicilannya yang besar, proses persetujuan memakan lebih banyak waktu dibanding fintech yang lain.

Baca Juga: Membangun Usaha dengan Pinjam Modal dari KUR Mandiri

Koinworks

Mereka menawarkan pinjaman untuk usaha, kesehatan dan pendidikan. Nominal bisa sampai Rp 500 juta dengan tenor cicilan 6 sampai 24 bulan.

KlikACC

Menawarkan pinjaman mulai Rp 4 juta sampai Rp 2 Miliar dengan masa pinjaman 3,6 dan 12 bulan. Pinjaman dibawah 100 juta tidak perlu jaminan, sedangkan diatasnya dibutuhkan jaminan. Bunga ditetapkan mulai dari 1% per bulan berdasarkan jenis produk atau keputusan pihak KlikACC.

Baik KTA maupun fintech, sama-sama memiliki fungsi dan keunggulanya masing-masing. Untuk melakukan pinjaman, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang terpenting adalah Anda mengetahui konsekuensi yang harus diterima jika sewaktu-waktu Anda terlambat mengembalikan pinjaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here